Kapolsek Pundong Hadiri Sarasehan Sejarah Jejak Sejarah Lokal di Pundong

Posted by tribratanewsbantul on 10:10


Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari. S.Psi bersama Forkompimcam Kapanewon Pundong menghadiri Sarasehan Sejarah Jejak Sejarah Lokal di Pundong, yang bertempat di Aula Kalurahan Seloharjo Pundong, Rabu (17/2/2021). 

Sarasehan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kab. Bantul tersebut diadakan guna mengingat kembali sejarah para pendiri/tokoh jaman  dahulu sebagai cikal bakal berdirinya wilayah Pundong yang dimulai dari Pangeran Paku  Wojo. 

Sebagai nara sumber adalah Bpk. Indra Fibiona, S.S., M.P.A. dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Prop. DIY dan Albertus Sartono, S.S. Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kab. Bantul. 

Dalam  materinya Indra Febiona, S.S., M.P.A menyampaikan bahwa sejak zaman kolonial, Pundong dijadikan daerah perkembangan dibidang pertanian. Pada akhir abad 18, Belanda membuat pabrik gula yang diberi nama Pabik Gula Pundong. Beberapa fasilitas pendukung dibuat, seperti jalur rel kereta api yang menghubungkan Stasiun Ngabean dan daerah Pundong, serta terminal, dan stasiun. 

Dahulu, Pundong merupakan daerah pemberhentian terakhir jalur rel yang ada di kawasan Bantul karang (sekarang Kabupaten Bantul). Rumah Belanda juga banyak di buat pada abad itu seperti di kawasan pinggir pabrik gula (sekarang SMA N 1 Pundong), kawasan perempatan pundong (sekarang KUD Tani Rejo) dan timur Pasar Pundong yang berupa gudang garam (Sekarang menjadi rumah pribadi). Abad 19 pabrik gula milik Belanda bangkrut. Akhirnya seluruh fasilitas tidak digunakan lagi. 

Kemudian Albertus Sartono. S.S  menyampaikan bahwa di Pundong juga banyak ditemukan goa goa seperti Goa Surocolo, Goa Jepang peninggalan jaman penjajah dahulu yang digunakan untuk mengintai kapal selam Sekutu, karena dari Goa Jepang Laut Selatan/Parangtritis sangat jelas terlihat jadi dapat utk mengintai kapal musuh. Sarasehandi hadiri  Kapolsek Pundong AKP. Yosephine Iswantari. S.Psi, Kepala Dinas Kebudayaan yang diwakili Ir. Budi Sarjono. M. Lingk, Kepala Bidang Sejarah dan Permuseuman Bp. Dahromi. MM. Giat sesuai Prokes Covidd 19 dan berjalan aman kondusif. (Humas Polsek Pundong)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:10

0 komentar:

CB