Kerap Meresahkan Warga, Polres Bantul Sisir Tempat Kumpul Geng Pelajar

Posted by Humas Polres Bantul on 12:17

Polres Bantul terus berupaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama mengantisipasi kenakalan remaja.

Salah satunya melakukan penyisiran di lokasi yang diduga menjadi basecamp geng 'Morenza' yang berlokasi di Rumah Toko (Ruko) wilayah Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul.

"Melaksanakan kegiatan penyisiran dan pembersihan terhadap tempat yang diduga sebagai tempat berkumpulnya geng anak-anak Morenza," kata Kasihumas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Kamis (25/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut, pihak kepolisian turut melibatkan unsur masyarakat lainnya. Mulai dari Dukuh, para ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga security. Hingga kini belum ditemukan senjata tajam yang biasanya digunakan dalam aksi tawuran.

"Untuk hasil sajam maupun benda mencurigakan lainnya yang digunakan untuk tawuran belum ditemukan," ujarnya.

Sementara itu, Dukuh Salakan, Ilham menjelaskan dirinya bersama warga Salakan ikut menjaga wilayahnya khususnya ditempat makan yang kerap kali menjadi tempat tongkrongan remaja atau ruko yang menjadi titik kumpul.

Ilham juga menerangkan apabila ada kerumunan atau tongkrongan yang bukan warganya di jam malam selalu dibubarkan oleh warganya.

Ia juga sangat menyayangkan ketika wilayahnya disebut-sebut sebagai tempat titik kumpul pelaku kejahatan.

“Kami akan mengoptimalkan pengawasan lingkungan, karena menjaga nama baik dusunnya juga menjadi tangung jawab kami, warga dusun Salakan,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK mengatakan, Polres Bantul berkomitmen memerangi geng-geng sekolah yang membuat resah warga Bantul.

"Kami menyikapi situasi keamanan dan kenyamanan Bantul yang terganggu oleh aksi-aksi kenakalan remaja yang disebut geng-gengan," ujarnya.

Ihsan mengatakan, sebagai fungsi terdepan penanggung jawab keamanan dari pada situasi di Kabupaten  Bantul, pihaknya berkomitmen untuk memberantas geng yang meresahkan masyarakat.

"Kami dari pihak kepolisian, akan berkomitmen dan konsisten dalam melindungi masyarakat. Bahkan bapak Kapolri menyederhanakan tentang konsep presisi dalam konsep perlindungan masyarakat," lanjut Ihsan.

"Perilaku kenakalan remaja di Kabupaten  Bantul telah kita tangani dengan pola pre-emtif dan preventif dan represif. Bahkan sampai tindakan tegas terukur. Namun, tindakan tegas terukur secara keras merupakan hal yang tidak kita harapkan," ungkap Ihsan.

Namun demikian, kenakalan remaja dalam penanganannya harus melibatkan banyak pihak. Seperti pihak sekolah, orang tua hingga stakeholder terkait.

“Langkah-langkah yang diambil untuk menekan kenakalan remaja salah satunya dengan melakukan patroli skala besar pada malam hingga dini hari,” terangnya.

Polres Bantul juga membentuk tim khusus untuk ikut mengawasi anak-anak yang pernah diamankan dan terlibat kasus. Hal ini menjadi pemantauan agar anak tersebut benar-benar tidak kembali terlibat kasus.

"Kami butuh keterlibatan semua pihak. Kami mengimbau kepada seluruh pihak, terutama adik-adik yang merasa masih terlibat kegiatan tersebut, berhenti sekarang juga, atau kami akan tindak tegas," tandasnya.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:17

0 komentar:

CB