Bhabinkamtibmas Desa Timbulharjo Hadiri Acara Launching Posbindu Se Desa Timbulharjo

Posted by tribratanewsbantul on 02:30

Bhabinkamtibmas Desa Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid S.H. menghadiri acara launching Pos Pembina Terpadu (Posbindu) se desa Timbulharjo di Balai Desa Timbulharjo, Sewon oleh Bupati Bantul. Rabu (1/5/2019).

Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono secara resmi melaunching Pos Pembina Terpadu (Posbindu) se desa Timbulharjo yang berlangsung di Balai Desa Timbulharjo, Sewon. Rabu (1/5).

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM. Bagi sasaran masyarakat dengan kondisi sehat, Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang beresiko terkena penyakit PTM.

Bagi masyarakat beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM. Dan untuk masyarakat dengan penyakit PTM, Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Menurut Lurah Desa Timbulharjo Drs. Kandar, kegiatan Posbindu satu rangkaian dari pemberdayaan masyarakat dalam rangka ikut memelihara kesehatan seluruh warga masyarakat. "Di Timbulharjo ada 21 posyandu kemudian ada 19 poslansia, maka kita mengadakan kegiatan posbindu yang khusus menangani penyakit tidak menular, sekaligus yang ditangani oleh adik adik remaja dari usia 15 tahun sampai dengan 59 tahun atau usia produktif," katanya.

Lurah desa menambahkan bahwa di Timbulharjo sudah terbentuk 16 posbindu sekaligus dengan kepengurusannya. Pemerintah desa dalam hal ini memberikan dukungan serta di tahun 2018 memberikan bantuan alat kesehatan kepada seluruh pos yang ada, baik itu poslansia, posbindu maupun posyandu.

"Bantuan peralatan yang telah disampaikan bisa digunakan secara maksimal, baik itu alat kesehatan yang berupa tensi meter kemudian timbangan, alat tes kolestrol, alat tes asam urat serta alat tes gula darah," jelas Kandar Lurah desa Timbulharjo.

Dalam sambutanya Bupati Bantul menerangkan bahwa, Posbindu adalah Pos Pembinaan Terpadu. Harapanya, kegiatan ini dapat dimanfaatkan dan dilaksanakan secara menyeluruh kepada masyarakat se Desa Timbulharjo. Kegiatan ini juga diharapkan untuk menjadi sarana preventif agar masyarakat bisa membudayakan hidup bersih dan sehat.

"Saya juga berharap, agar kader-kader Posbindu menjadi kader yang handal untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat yang akan membawa masyarakat hidup lebih sehat," tambah Bupati.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acaa selesai dalam keadaan aman terib. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB