Rapat Forkompinda Membahas Kesiapan Operasi Ketupat Progo 2019

Posted by tribratanewsbantul on 13:40

Kapolres Bantul AKPB Sahat M Hasibuan, SIK. MH adakan Rapat koordinasi Operasi Kepolisian Terpusat  Ketupat Progo 2019 di gedung induk Parasamya komplek kantor Kabupaten Bantul, Selasa, 28 Mei 2019 pukul 09.00 Wib.

Operasi Kepolisian Terpusat  Ketupat Progo 2019 digelar oleh Polres Bantul bersifat terbuka dengan mengedepankan giat preemtif, preventif, Gakkum didukung deteksi dini / lidik yang dibantu instansi terkait lainnya dan mitra kamtibmas lainnya dalam rangka memelihara keamanan guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif khususnya dalam hari Raya Idhul Fitri di tempat tempat yang digunakan untuk sholat Ied  maupun takbir keliling serta tempat wisata / rekreasi, tempat belanja / pertokoan, pemukiman dan tempat-tempat rawan lainnya di wilayah Bantul.

Rakor ini bertujuan untuk menyelaraskan pola pengamanan dan menggali informasi dan masukan tentang kesiapan pengamanan, sarana angkutan, prasarana atau infrastruktur dan situasi Kamtibmas menjelang hari raya Idhul Fitri 2019 di wilayah Bantul.

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Bupati Bantul, Dandim 0729 Bantul, Ketua DPRD Kabupaten Bantul, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Bantul,  Dinas Perhubungan, Pol PP, PLN, PMI, Dinas Pariwisata, Banser, Senkom, Orari, DPU, Pemadam kebakaran dan lain lainya.

Materi yang disampaikan dalam Rakor Pengamanan ini mengenai kesiapan pengamanan, sarana angkutan dan prasarana jalan yang khususnya jalur Pariwisata serta jalur alternatif. Lalu membahas ketersedian pasokan bahan bakar minyak dan kebutuhan pokok lainya. Selain itu, menyelaraskan pola pengamanan di wilayah hukum Polres Bantul.

Dalam paparanya Kapolres Bantul AKPB Sahat M Hasibuan, SIK. MH menyampaikan Polres Bantul bekerja sama dengan instansi terkait akan melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat  Ketupat Progo 2019 selama 13 hari mulai tanggal 29 Mei s/d 10 Juni 2019. Dengan menurunkan ratusan personel pengamanan yang  tersebar di sejumlah titik pengamanan, pos yan, pos pam dan pos pantau dengan penanggungjawab para Kapolsek setempat.

Adapun Pos Pengamanan tersebut adalah Pos Yan Srandakan, Pos Pam Sedayu, Pos Pam Banguntapan, Pos Pam Piyungan, Pos Pam Sewon dan Pos Pam Kretek serta sebanyak 19 pos pantau yang tersebar di seluruh wilayah Bantul.

Dari Dinas Kesehatan bahwa untuk Puskesmas di wilayah Bantul akan buka selama 24 jam full selain itu juga dari Dinkes Bantul juga akan menempatkan personilnya di Pospam pospam bergabung dengan personil dari Polri dan instansi lainya untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat / warga dengan melibatkan petugas PMI, Rumah Sakit, Puskesmas dan mensiagakan Ambulance serta obat obatan emergenzy.

Cara bertindak yaitu mengadakan kegiatan intelijen, melaksanakan kegiatan pencegahan meliputi penjagaan, pengaturan pengawalan dan patroli, melaksanakan kegiatan Binluh kepada masyarakat untuk mencegah gangguan kamtibmas, melakukan penindakan hukum terhadap setiap pelaku tindak pidana yang mengganggu kegiatan hari raya Idhul Fitri sesuai ketentuan yang berlaku, melaksanakan bantuan medis dan kesehatan kepada para korban akibat laka lantas dan bencana alam, menyiapkan pos-pos pengamanan di lokasi keramaian, tempat wisata dan lain lainya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Bantul juga mengajak kerjasamanya kepada pihak pihak terkait untuk menyukseskan pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat  Ketupat Progo 2019.

Kapolres juga menghimbau agar para tokoh agama bisa memberikan nasehat kepada jamaahnya agar tidak melakukan takbir keliling ke luar dari wilayah masing - masing. Pelaksanaan takbir keliling di wilayah masing - masing sebisa mungkin dibatasi waktunya pada pukul 23.00 WIB, selanjutnya bisa dilanjutkan di dalam masjid.

Kapolres juga akan menempatkan mobil derek di sekitar Bukit Bintang untuk antispasi adanya mobil mogok dan lain lain. Serta dihimbau bus besar tidak melintasi jalan Cino Mati dan jalan Imogiri – Mangunan karena rawan lakalantas jalan menanjak dan banyak tikungan tajam.

Selanjutnya dalam rapat diadakan acara koordinasi, perencanaan dan kebijakan terkait agar pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat  Ketupat Progo 2019 dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga nantinya keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Natal dan tahun baru dapat berjalan lancar. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:40

0 komentar:

CB