Pengamanan Labuhan Sedekah Laut Warga Dusun Depok Parangtritis

Posted by tribratanewsbantul on 09:06

Personil Polsek Kretek dipimpin Pawas Iptu Poniman melaksanakan pengamanan kirab budaya, Labuhan dan Pentas Kesenian masyarakat dusun Depok di TPI Depok Desa Parangtritis Kretek Bantul. Kamis, 26/09/2019 pukul 14.00 wib.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh mewakili Bupati Bantul Staf Ahli Sunarto, Ketua HSNI KGPH Wironegoro, Perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Camat Kretek Bapak Harso Wibowo S.Sos, MH, Lurah Desa Parangtritis Topo, Ketua TPI Depok  Tarmanto, Ketua Koperasi Minabahari 45 Depok Sutarlan dan tamu undangan.

Pada pukul 14.00 wib dilaksanakan kirab atau pawai budaya dengan mengambil star di SD N Bungkus menuju ke TPI Depok dengan peserta kirab seluruh Nelayan, anggota Koperasi Minabahari 45 Depok, Pedagang dan Masyarakat Depok.

Seluruh peserta kirab dengan menggunakan pakaian adat dan berbagai atraksi  Kesenian dan budaya serta beberapa gunungan yang dibuat dari buah-buahan, sayur-sayuran dan jenis hasil bumi lainnya.

Setelah semua peserta kirab tiba di halaman TPI Depok dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dilanjutkan larungan di Laut pantai Depok dan pembagian 6.000 nasi gurih untuk masyarakat.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Kirab budaya dan pentas kesenian adalah sebagai ungkapan tasyakur dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memohon semoga ke depan masyarakat nelayan serta keluarga besar TPI Depok tetap diberikan perlindungan dan keselamatan.

Melestarikan budaya jawa baik itu kesenian maupun tradisi lainnya serta meningkatkan kunjungan wisata di TPI dan Pantai Depok serta memberikan hiburan kepada masyarakat pada umumnya.

Rangkaian kegiatan warga masyarakat dusun Depok dipungkasi dengan pentas seni pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Sutoyo.

Selama berlangsungnya kirab dan labuhan dalam keadaan lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek. (Humas Polres Bantul).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:06

0 komentar:

CB