Kapolda DIY Lantik Bintara Baru SPN Selopamioro

Posted by tribratanewsbantul on 13:35

Setelah ditempa selama tujuh bulan, dimulai sejak tanggal 26 Agustus 2019 lalu, akhirnya sebanyak 253 siswa SPN Selopamioro Polda DIY dilantik menjadi anggota Polri berpangkat brigadir polisi dua (Bripda).

Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelantikan Bintara Polri TA 2019/2020 digelar di SPN Selopamioro Imogiri Bantul, Senin (2/3/2020). Kapolda DIY Irjen Pol Drs Asep Suhendar M.Si bertindak sebagai Irup dalam upacara tersebut.

Dalam acaara tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat dari Polda DIY, para Kapolres dan juga Muspida Bantul. Dipengujung acara dipentaskan kesenian persembahan dari Polres Kulonprogo Polda DIY.

Pelantikan ini diawali dengan pemasangan tanda pangkat Polri, yakni Bripda. Kapolda DIY Irjen Drs Asep Suhendar, M.Si, menyematkan langsung pangkat tersebut kepada tiga siswa terbaik. Dari bidang akademik (cendekia) nilai terbaik diraih oleh Bripda Kristoforus Elmora Aditya Putra, terbaik di bidang kesamaptaan (trengginas) diraih oleh Bripda Ageng Pratama dan terbaik dibidang mental kepribadian (tertabah) diraih oleh Bripda Resda Renata Wijaya.

Usai pemasangan tanda pangkat, Kapolda DIY memimpin langsung pengambilan sumpah sebagai anggota Polri diikuti oleh seluruh siswa.

Kapolda DIY dalam amanatnya mengatakan, keberhasilan mengikuti pembentukan Bintara Polri dan brigadir polisi dua merupakan anugerah dari Allah. Pencapaian tersebut harus senantiasa disyukuri, bahwa keberhasilan itu tidak lepas dari doa orangtua. Oleh karena itu sebagai personel Polri untuk menjaga kehormatan diri dan institusi.

Setelah dilantik menjadi anggota polri, merupakan momentum awal dari pengabdian nyata sebagai insan bhayangkara kepada bangsa dan negara. Perjalanan masih panjang, banyak tantangan akan dihadapi. Oleh karena itu, sebagai Bintara pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di lembaga pendidikan harus diimplementasikan sesuai dengan tugasnya.

“Ada beberapa penekanan untuk dijadikan sebagai anggota Polri. Pertama, setiap melaksanakan tugas, harus diniati sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian setiap melaksanakan yang diemban dengan penuh semangat tanggung jawab dan keikhlasan mempedomani nilai-nilai luhur Tribrata,” ujar Kapolda.

Selain itu juga disampaikan agar anggota Polri meningkatkan pengetahuan wawasan. Hal tersebut penting untuk mendukung pelaksanaan tugas menjaga kehormatan diri keluarga dan institusi dari segala pelanggaran disiplin kode etik dan pidana. Kapolda juga minta terus men menjalin persaudaraan dan komunikasi dengan rekan-rekan dan instansi terkait dan seluruh komponen lainnya. Karena Polri tidak mungkin dapat bekerja sendiri.

Kapolda DIY juga menyampaikan arahan kepada seluruh orang tua Bintara baru supaya terus mendoakan serta berikan motivasi kepada anak-anaknya, sehingga dapat menjadi kebanggan keluarga, institusi Polri, masyarakat, serta bangsa dan negara. (Humas Polres Bantul)





Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:35

0 komentar:

CB