Bangun Rumah Mediasi, Tiga Pilar Desa Canden Raih Penghargaan Kapolres Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 09:39

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK memberikan penghargaan kepada Tiga Pilar Kalurahan Canden Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul, yakni Lurah Canden, AKBP (Pur) Bejo WTP SH  M.Hum,  Babinsa Serma Suparno dan Bhabinkamtibmas Aiptu Heri Pratama.

Penghargaan tersebut terkait inovasi mendirikan dan mengelola Rumah Mediasi (House of Restorative Justice), diserahkan Kapolres Bantul secara langsung, di Pendopo Kantor Kalurahan Canden, Rabu (22/6/2022).

Ihsan menegaskan, Rumah Mediasi ini sangat membantu tugas Kepolisian dalam penegakan hukum. Karena jumlah kasus yang ditangani Polisi melalui ranah dapat hukum berkurang. Artinya sebagian perkara yang sifatnya ringan bisa ditangani di Rumah Mediasi secara mausyawarah dan tidak harus dibawa ke ranah hukum.

“Saya selaku Kapolres Bantul sangat berterima kasih dan mengapresiasi karena telah memberikan inovasi dengan membangun Rumah Mediasi,” katanya.

Menurutnya, pembangunan Rumah Mediasi ini juga selaras dengan tugas dari Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Lurah untuk menyelesaikan suatu masalah di masyarakat.


“Jujur, Setiap hari saya melakukan pengecekan terhadap tahanan dan berharap semoga tahan itu nihil, dimana sudah terciptanya kedamaian dan keamanan yang baik,” imbuh Kapolres.

Kapolres Bantul berharap di setiap Kapanewon bisa dibangun rumah mediasi, untuk membentuk dan menyelesaikan suatu masalah di dalam masyarakat.

“Dimana tugas kita dalam menegakkan hukum harus ada beberapa tujuan yang harus kita lakukan, yaitu keadilan, kepastian, dan  kemanfaatan,” paparnya.

Sementara itu Panewu Jetis, Anwar Nur Fahrudin, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolres Bantul, karena sudah memberikan penghargaan tersebut.

“Semoga ini dapat menjadi penambah semangat kepada Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menjalankan Rumah Mediasi,” katanya.

Panewu juga mengapresiasi peran dari Lurah Canden, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah membangun Rumah Mediasi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas atas jasanya dalam pembangunan Rumah Mediasi ini, semoga bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:39

0 komentar:

CB