Kapolres Bantul Hadiri Peringatan Hari Buruh di Kompleks Pasar Seni Gabusan

Posted by tribratanewsbantul on 14:43

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH menghadiri acara peringatan Hari Buruh di Kompleks Pasar Seni Gabusan, Jl Parangtritis Km 8, Timbulharjo Sewon Bantul, Rabu (1/5/2019).

Tak ada aksi demonstrasi dalam peringatan hari Buruh di Kabupaten Bantul, kali ini. Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei ini justru diperingati dengan menggelar berbagai kegiatan.

Ratusan buruh beserta keluarga hadir memperingati May Day. Para buruh melakukan senam massal bersama dengan sejumlah pejabat Pemkab Bantul serta Kapolres Bantul. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kekompakan antara buruh, pemerintah dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Ponijo mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan May Day di Kabupaten Bantul dilaksanakan dengan menggelar berbagai kegiatan. Tak ada aksi turun ke jalan dalam memperingati hari buruh kali ini.

"Semangat kesederhanaan sudah dalam memperingati hari Buruh kali ini memang selalu kami ke depankan dibanding dengan aksi turun ke jalan," ujarnya

Kendati masih ada beberapa tuntutan yang belum bisa dipenuhi oleh pemerintah dan pengusaha terutama terkait dengan hak-hak para pekerja atau buruh, namun peringatan May Day dilaksanakan justru dengan menggandeng tiga pihak (tripartid).

Selama ini, kerjasama Tripartid di Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan harmonis. Segala perselisihan ketenagakerjaan selalu dibicarakan dalam forum Tripartid. Harmonisasi ketiganya inilah yang menjadi alasan mengapa para buruh tidak turun ke jalan.

"Banyak aktivitas yang dilaksanakan oleh kawan-kawan buruh. Bahkan hari ini tidak sedikit perusahaan yang mengajak karyawan mereka untuk tamasya,"paparnya.

Bupati Bantul, Suharsono mengapresiasi positif peringatan Hari Buruh di Kabupaten Bantul yang tidak diisi dengan aksi turun ke jalan. Pemerintah telah memberi jalur komunikasi dengan baik kepada para buruh yang ingin menyampaikan aspirasinya.

Selama kegiatan berlangsung, personel Polres Bantul dan Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acara berakhir. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:43

0 komentar:

CB