Demi Keselamatan Pemudik, Satresnarkoba Polres Bantul Tes Urine Sopir Bus

Posted by tribratanewsbantul on 10:31

Demi keselamatan para penumpang mudik lebaran, petugas Satresnarkoba Polres Bantul melakukan tes urine kepada para sopir bus. Pemeriksaan tes urine tersebut, digelar di garasi bus Tata Trans Wisata Klembon Trirenggo Bantul, Jumat (31/5/2019).

Pemeriksaan urine tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa pengemudi dalam kondisi fisik yang baik dan tidak berada dalam pengaruh obat-obatan terlarang atau alkohol saat mengemudikan kendaraan.

"Kita lakukan cek urine ini, sebagai upaya deteksi dini narkoba serta dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik agar selamat sampai ke tujuan," kata Kanitidik 2 Satresnarkoba Polres Bantul, Ipda Stefanus Reinaldo Fajar Nuswantoro Boyoh, S.Tr.K, saat memimpin jalannya pemeriksaan.

Stefanus menambahkan dari sejumlah sopir yang dites urine, mereka tidak tergolong positif narkoba.

"Dari sembilan sopir yang kita tes urine, mereka semuanya masuk katagori negatif dari barang haram tersebut, apabila ada yang positif menggunakan narkoba maka tidak diijinkan melanjutkan perjalanan dan harus digantikan oleh supir cadangan," ujarnya.

Selain dilakukan tes urine, para sopir bus juga diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan dari Urkes Polres Bantul. Dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, dinyatakan seluruh sopir bus dalam keadaan sehat.

Paurkes Polres Bantul, Ida Wahyuningsih, A.Md.Kep mengatakan, salah satu faktor terjadinya kecelakaan adalah disebabkan kondisi fisik sang sopir yang kurang prima dan sehat, sehingga dapat menyebabkan hilang kendali saat mengemudi.

Melalui pemeriksaan ini diharapkan mengurangi resiko kecelakaan selama arus mudik akibat sopir yang mengalami kelelahan. Potensi gangguan kesehatan atau faktor kelelahan harus dapat diantisipasi karena sopir harus selalu memiliki kondisi yang prima sebagai pemegang kendali utama dalam perjalanan.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, petugas kesehatan dari Urkes Polres Bantul juga memberi vitamin.

“Jadi, kondisi pengemudi harus dipastikan dalam kondisi baik agar penumpang nyaman dan selamat sampai ke tujuan,” katanya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:31

0 komentar:

CB