Peresmian Desa Guwosari Tangguh Bencana

Posted by tribratanewsbantul on 09:49

Polsek Pajangan dipimpin Kanit Sabhara Iptu Darobi melaksanakan Pengamanan Simulasi Bencana Alam dalam rangka Pembentukan Desa Guwosari Tangguh Bencana di alun alun Desa Guwosari, Sabtu Pagi (21/9/2019).

Lurah Guwosari Masduki Rahmad, S.IP mengucapkan terimkaasih kepada Bupati Bantul Drs. H. Suharsono atas dibentuknya Desa Guwosari sebagai Desa Tangguh Bencana (Tagana). Simulasi ini sebagai edukasi kesiap siagaan dan tindakan apa yang harus dilakukan warga dan  pemerintah apabila terjadi suatu bencana, ujarnya.

Kepala BPBD Kab. Bantul Drs. Dwi Daryanto, M.Si dalam sambutannya mengatakan, simulasi ini sebagai upaya membentuk desa tangguh bencana di Kab. Bantul, desa Guwosari merupakan Desa ke 31 yang akan diresmikan oleh Bupati Bantul. Besok Pagi Bpk. Bupati akan merrsmikan desa ke 32 yakni desa Terong Kecamatan Dlingo. Harapan kami selam menjabat Bupati Bantul Drs. H. Suharsono merrsmikan 75 desa yang ada di Kabupaten Bantul secara keseluruhan, terangnya. Tujuan dari pembentukan desa bencana yakni mendorong terwujudnya masyarakat Desa yang tangguh dalam menghadapi bencana yang lebih terarah, tetencana, terpadu dan terkoordinasi dengan baik, ujarnya.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam peresmian Desa Guwosari tangguh bencana mengatakan, sosialisasi atau mitigasi oleh BPBD Kabupaten Bantul dalam bentuk simulasi sebagi contoh penanganan tanggap bencana, kita sudah siap menghadapi walapun kita tidak tidak minta bencana seperti dulu, yang penting kita sudah siap. Mengantisipasi atau waspada terhadap hal hal yang tidak diinginkan.

Saya sebagai Kepala daerah masalah bencana kekurangan air seperti di Piyungan, mangunan, silok yang setiap tahun terjadi harus kita hadapi dan dipikirkan jalan keluarnya. Masyarakat susah aku ikut susah masyarakat senang saya ikut senang. Bencana kekeringan di Bantul sudah kita data dan akan kita buatkan sumur bor, bak penampungan air, instalasi dan 10 kamar mandi, biaya pengeboran cukup mahal 200 juta an, tahun depan akan kita laksanakan, imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatangana Prasasti sebagai tan peresmian Desa Guwosari sebagai Desa tangguh bencana oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dan penyerahan dokumen rencana kontijensi desa Guwosari kepada Kepala BPBD Kab. Bantul Drs. Dwi Daryanto, M.Si. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:49

0 komentar:

CB