Kapolsek Dlingo Pimpin Pengamanan Kirab Budaya dan Kenduri Agung Merti Dusun Pancuran

Posted by tribratanewsbantul on 12:40

Kapolsek Dlingo Iptu Irwan SIK memimpin pengamanan kirab budaya dan kenduri agung di lapangan Dusun Pancuran Desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Minggu (15/3/2020).

Kirab budaya dan kenduri Agung dilaksanakan setiap tahunnya oleh warga mayarakat Dusun Pancuran dalam rangka merti dusun serta untuk melestarikan adat budaya yang diwariskan oleh nenek moyang.

Kirab budaya diikuti oleh seluruh warga Dusun Pancuran yang terdiri dari 8 RT dan masing-masing menampilkan kesenian tradisional berupa jathilan dan lain lainnya.

Kirab budaya diawali dengan mengarah dua gunungan dari hasil bumi dan di arah dari depan rumah bapak Mul Kemijo sebagai tokoh masyarakat Desa Terong menuju ke lapangan pancuran sebagai tempat kenduri agung.

Dalam kirab budaya tahun ini dihadiri oleh ibu Erna harsono istri bupati Bantul, forkompincam kecamatan  Dlingo,   serta tamu undangan dan warga masyarakat dusun Pancuran.

Dalam sambutannya ibu Erna harsono mengapresiasi kepada warga masyarakat dusun Pancuran yang telah melaksanakan merti dusun dengan mengadakan kirab budaya dan kenduri Agung sebagai bentuk kepedulian kita terhadap warisan budaya.

Selain itu ibu Erna Suharsono juga menyampaikan permohonanan maaf Bupati Bantul Drs H Suharsono yang tidak dapat hadir dikarenakan di panggil gubenur secara mendadak berkaitan dengan wabah virus corona atau covid-19. Untuk itu warga masyarakat diminta untuk tidak panik dalam menghadap wabah  corona  ini dan juga ibu Erna mengajak kepada warga masyarakat untuk dapat terbiasa dengan  hidup sehat, sebagai contoh mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Setelah selesai kirab budaya dilanjutkan dengan upacara adat tayuban sendang Iro sentiko dan kenduri masal. (Humas Polsek Dlingo)
    


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:40

0 komentar:

CB