Kirab Jodang Dalam Rangka Merti Dusun Bintaran Wetan

Posted by tribratanewsbantul on 09:44

Personel Polsek Piyungan mengamankan jalannya kirab jodang dalam rangka merti Dusun Bintaran Wetan, Desa Srimulyo, Piyungan, Bantul, Minggu, 21 Agustus 2016 pukul 13.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Bantul Drs. H. Suharsono , Asek III Sunarto, SH serta Jajaran Muspika Piyungan termasuk Kapolsek Piyungan Kompol Tri Pudjo Santoso.

Dalam kirab ini, diarak berbagai macam gunungan yang merupakan hasil bumi dan pertanian masyarakat Dusun Bintaran Wetan mengelilingi dusun tersebut. Kirab jodang juga dikawal oleh puluhan Prajurit Bregodo.

Bupati Bantul dalam sambutannya mengatakan merti dusun adalah wujud budaya gotong royong masyarakat Indonesia, hidup di desa mesti saling bahu-membahu dan hidup rukun sehingga berbagai kegiatan yang bertujuan membangun masyarakat yang berbudaya harus dilestarikan.

Bupati menambahkan terkait dengan seni budaya, Pemkab Bantul telah mengajukan alokasi Dana Keistimewaan ke Pemprov DIY sebesar Rp. 30 milyar s/d Rp. 50 milyar dan untuk tahun depan, Gubernur DIY telah menyetujui alokasi anggaran sebesar Rp. 33 milyar untuk Pemkab Bantul.

“Hal tersebut patut disyukuri dikarenakan ada peningkatan yang signifikan dibanding dengan anggaran kesenian dan budaya sebelumnya yang hanya Rp. 5 milyar,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Piyungan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:44

0 komentar:

CB