Pengajian Rutin Selasa Kliwon Di Masjid Agung Manunggal Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 12:55

Selasa, 23 Agustus 2016 mulai pukul 07.45 s/d 09.10 Wib bertempat di Masjid Agung Manunggal Bantul telah berlangsung Pengajian Rutin Selasa Kliwon PNS, TNI/Polri, BUMN, BUMD Kabupaten Bantul Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kab. Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Assek II Pemda Bantul Ir. Subiyanto Hadi, Kepala Dikmenof Kab. Bantul Drs. Masharun Gahzali, MM, Kepala Rutan Klas II B Bantul Dr. Syahrial Yuska, Bc.IP,SH,MH, Kepala Bagian Pengelolaan Pasar Kab. Bantul Slamet Santosa, SIP, serta sekitar 300 orang jamaah

Adapun kegiatan diawali dengan pembacaan surat Yasin, dilanjutkan dengan tausiah oleh Ust. Ir. H. Agus Sungsang Urip Sujoko, MT dari Yogyakarta dengan mengambil tema " Syukur ", yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan antara lain :

Bahwa syukur yang paling ringan adalah ucapan Alhamdulillahirobbil'alamin, dalam artian kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan pencipta semesta alam, penguasa dan pemelihara.

- Pada umumnya orang sangat senang apabila mendapatkan pujian sebaliknya marah apabila dihina, padahal menurut Al Qur'an kita hanya berasal dari air yang hina, kemana-mana hanya membawa kotoran, dan ujung-ujungnya menjadi bangkai, oleh karena itu segala puji hanyalah bagi Allah

- Saat ini adalah jaman edan, dan jika tidak diperbaiki maka akan menjadi-jadi, sehingga dengan kondisi seperti ini maka kita harus ikut berperan dengan cara menjadi bagian untuk mencari solusi, yaitu dengan cara menjadi orang baik karena orang baik itu akan menular seperti air sungai mengalir yang menghanyutkan.

- Cara kita untuk menjadi orang baik yaitu bagaimana kita bisa mendapatkan nilai baik jika diumpamakan sekolah, hidup diumpamakan sekolah sangatlah tepat karena hidup adalah ujian, Allah berfirman bahwa hidup adalah ujian keimanan siapa yang mengatakan beriman maka dia akan diuji oleh Allah, dan ujian itu dalam sehari adalah 24 jam.

- Kita bisa lulus maksimal kuncinya terletak pada keikhlasan, kita jangan iri dengan ujian orang lain yang lebih ringan karena ujian yang ringan maupun berat akan mendapatkan nilai maksimal jika dilalui dengan ikhlas.

- Kemuliaan ikhlas yang dijanjikan Allah kepada kita antara lain dengan keikhlasan akan menyelesaikan persolan, akan membuka semua pintu kebaikan, serta akan mengantarkan kita ke pintu surga.

- Apabila kita ikhlas dalam mengahadapi segala permasalahan maka syukur akan lebih bermakna, dan puncak syukur adalah syukur dalam semua kondisi baik senang maupun susah.

- Alasan logis mengapa kita harus bersyukur walaupun dalam kesulitan antara lain :
a) Logika kenyataan, yaitu kita harus bersyukur ketika kesulitan karena kita bukanlah orang yang paling sengsara di dunia ini,
b) Logika keimanan, yaitu apapun yang diberikan Allah kepada kita itu merupakan kebaikan dari Allah
c) Logika kebutuhan, yaitu dalam jangka pangjang kita butuh rasa syukur daripada sabar, karena sewaktu kita menasehati orang dengan kata syukur dibandingkan sabar maka orang yang dinasehati hatinya akan menjadi dingin.
d) Logika kekuatan, yaitu kita semua dapat menghadapi hidup ini karena kekuatan dimana kekuatan ada 2 macam yaitu kekuatan fisik dan jiwa, kekuatan hati adalah yang utama karena untuk menjadi orang baik lebih membutuhkan kekuatan hati dibanding fisik.
e) Logika keuntungan, yaitu bagi orang yang sering beribadah dijalan Allah akan mendapatkan keuntungan yang sesungguhnya yang mampu dibawa pulang ke akherat.
f) Logika kehidupan, yaitu hidup ini ditentukan pada akhir yaitu kematian, dan ukuran kesuksesan terletak di akherat.

Kegiatan diakhiri dengan doa dipimpin oleh Ust. Ir. H. Agus Sungsang Urip Sujoko, MT, serta selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:55

0 komentar:

CB