Pengumuman SPP Awards 2016 UPK Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 21:59

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. menghadiri acara Pengumuman SPP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) Awards 2016 dan Pameran Produk Kelompok SPP di Kec. Pajangan Bantul, Kamis 29 Desember 2016 jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Kantor PMD Kab. Bantul Ibu Heri Murwani, Ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa)  Kec. Pajangan Drs. Sukamtri, Ketua dan Pengurus UPK Kec. Pajangan, Perwakilan Lurah, Pamong, Dukuh, Karang Taruna  Kec. Pajangan dan Kelompol SPP Kec. Pajangan. Acara diikuti peserta sejumlah ± 200 orang.

Ketua BKAD Drs. Sukamtri menyampaikan SPP merupakan program PNPM MPd di Pajangan sejak tahun 2014. SPP ini mempunyai tujuan untuk menguatkan modal kelompok perempuan, menertibkan administrasi masing-masing kelompok SPP dan menghidupkan kegiatan kelompok perempuan agar lebih maju dalam berkreasi. Pajangan memiliki kelompok SPP sebanyak 114.

Camat Pajangan dalam sambutannya menyampaikan tonggak keberhasilan UPK Kec. Pajangan yakni mampu membuat gedung kantor sendiri dan diresmikan oleh Bupati Bantul tahun kemarin. Hal tersebut menunjukkan prestasi UPK Kec. Pajangan dalam memajukan kelompok perempuan.

Potensi Pajangan sudah nampak, masyarakat sudah meningkat ketrampilan dan kesejahteraannya. Apresiasi dari UPK tahun 2015 sudah bisa merehab 9 rumah tidak layak huni, Semoga tahun 2017 sudah bisa masuk ke Sendangsari dan ditambah dari program Kemenpera RI.

UPK Pajangan bisa mengentaskan kemiskinan melalui program-programnya. Ketahanan keluarga dilihat dari sisi ekonomi, unit usaha di tingkat kelompok, pola hidup yang sehat dan bersih dan anak-anak usia sekolah harus sekolah. Waspadai dan cek selalu hp anak-anak kita jika sudah memiliki hp android.

Kita merasa prihatin tahun 2016 ini sudah ada 62 kasus penyakit DBD.  Desa Bebas Empat Masalah Kesehatan (DB4MK) hanya 12 Dusun yang berhak menetima hadiah.

Guna memasarkan produk perlu Promosi. Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) cukup sampai Kecamatan gratis dan tidak dipungut biaya, seluruh IUMK diharapkan segera melengkapi ijin tersebut. Ijin usaha untuk menghadapi globalisasi, produk luar negeri bebas masuk ke Negara kita. Anggaran Desa harus ada alokasi untuk pemberdayaan dan pelatihan masyarakat. Pembangunan fisik bisa diperoleh dengan dana aspirasi anggota Dewan.

Pajangan memiliki Kampung UKM Digital di Krebet Sendangsari Pajangan berkat kerjasama dari Disperindagkop Kab. Bantul, PT. Telkom Indonesia dan Kecamatan Pajangan. Siapa pun yang ingin mengiklankan bisa ke Krebet menghubungi Koperasi Sido Katon.

Terima kasih kepada Karang Taruna yang ada di Pajangan. Pemuda Karang Taruna supaya diberdayakan untuk pelatihan-pelatihan sehingga dapat memfalitisasi dalam promosi produk-produk usaha dan usaha kreatif yang ada di Pajangan. Pemuda Pajangan harus membawa manfaat untuk kemajuan Pajangan.

Mari bersama-sama satukan tekat untuk menjadi tuan di negeri sendiri. Gunakan produk dari dalam negeri. Bendung Kamijoro sudah mulai dibangun, produk-produk kita bisa sampai ke Kulon Progo.

Ibu Heri Murwani dari kantor PMD Kab. Bantuk mengucapkan Terima kasih kepada BKAD Kec. Pajangan yang berhasil dan masih mengelola UPK dari program PNPM MPd dengan baik dan berkembang. Keberhasilan SPP dana hibah PNPM MPd  merupakan keberhasilan program Pemerintah dalam memberdayakan masyarakat.
PNPM membuktikan keberhasilan dalam meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat.

PNPM MPd Kab. Bantul dimulai sejak Pasca Gempa Bumi Jogja tahun 2016 dan berakhir tahun 2014. Dana yang terakumulasi ± Rp 103,9 M kekayaan PNPM se Kab. Bantul. Menguatkan peran perempuan dalam usaha ekonomi produktif melalui Program SPP PNPM MPd telah mencapai dana ± Rp 43, 2 M dengan jumlah kelompok 2.143 dan pemanfaat ± 22.076 orang. Ia berharap kita semua memberikan perhatian terhadap pelestarian, perlindungan dan pengembangan terhadap aset yang dihasilkan oleh kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan dan harus sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Acara diisi dengan penyerahan hadiah kepada kelompok yang berprestasi dan tertib dalam membayar administrasi. Hadiah doorprise diberikan kepada tamu undangan sedangkan hadiah utama diperuntukan kepada kelompok-kelompok SPP yang hadir. Acara selesai pada jam 13.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 21:59

0 komentar:

CB