Jelang Malam Pergantian Tahun, Arus Lalu Lintas Di Jalur Cinomati Meningkat

Posted by tribratanewsbantul on 08:17

Sehari jelang malam pergantian tahun baru 2020, arus lalu lintas di jalur Cinomati, Pleret, Bantul mulai ada peningkatan. Hal ini diungkapkan Kapolsek Pleret AKP Riwanta saat memantau langsung di Pos Pantau Jalur Cinomati, Senin (30/12/2019) sore.

Diungkapkan bahwa arus kendaraan yang melintasi jalur Pleret - Dlingo itu mulai ramai namun tetap lancar. Selain kendaraan berplat lokal, kendaraan-kendaraan pribadi yakni mobil yang berplat luar daerah juga mulai mendominasi di jalur tersebut.

"Hari ini arus lalu lintas lebih ramai dari yang kemarin. Kebanyakan kendaraan yang melintas berplat luar daerah", kata Kapolsek Pleret.

Sebagian besar mereka, lanjutnya, merupakan wisatawan yang hendak mengunjungi tempat-tempat atau destinasi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Dlingo, Bantul.

Sementara itu, terkait kondisi jalan yang sempit, berliku dan tanjakan serta turunan yang curam, Kapolsek Pleret menghimbau para pengendara agar selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu jalan yang sudah terpasang di sepanjang jalur Cinomati ini.

Ia juga mengatakan, sejak libur Natal 2019 dan mejelang Tahun Baru 2020 dari pemantauan lalu lintas di Jalur Cinomati sudah lebih dari 100 kendaraan roda empat maupun sepeda motor yang tidak kuat menanjak.

"Karena bukan dari warga setempat, sehingga mereka tidak paham medan. Sebenarnya dari bawah sana sudah kita pasang tulisan untuk gunakan gigi satu, juga mematikan AC. Tapi beberapa pengendara kadang mengabaikannya. Kendaraan tak kuat karena telat oper ke gigi rendah" terang Kapolsek Pleret.

Pihaknya bersama sejumlah relawan pun membantu kendaraan yang tidak kuat menanjak tersebut dengan mengganjal ban, kemudian mendorongnya sampai jalur aman yang tidak curam.

"Sebagian besar kendaraan tersebut akhirnya bisa meneruskan perjalanan setelah didorong petugas, namun ada pula yang memilih balik arah", tuturnya.

Selanjutnya untuk pengamanan malam pergantian tahun dan Tahun Baru 2020, Kapolsek Pleret berharap semoga pengamanan dapat berjalan lancar, aman dan kondusif, serta masyarakat yang merayakan liburan bisa terlayani dengan baik pula. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:17

0 komentar:

CB