Polsek Banguntapan Gunakan Genset Hidupkan Traffic Light Di Simpang Empat Blok O

Posted by tribratanewsbantul on 10:20

Terobosan diambil jajaran Satuan Lalulintas Polsek Banguntapan Polres Bantul untuk memperlancar arus kendaraan liburan Natal dan tahun baru. Salah satunya dengan mengoperasikan genset agar traffic light simpang empat Blok O ring road timur Banguntapan tetap berfungsi disaat listrik padam.

Keputusan tersebut diambil setelah panel surya traffic light simpang empat Blok O tertutup baliho sehingga tidak bisa menyimpan energi listrik secara optimal sehingga ketika listrik padam, otomatis lampu traffic light tidak akan berfungsi.

"Itu kan lampu traffic light sebenarnya dihidupkan memanfaatkan energi listrik tenaga surya yang disimpan dalam panel surya, tetapi persoalannya panel surya tersebut tidak bisa tersinari matahari karena terhalang baliho. Selama ini traffic light difungsikan dengan aliran listrik bukan dari panel surya. Ketika listrik mengalami pemadaman otomatis traffic light tidak berfungsi mengingat jalan tersebut sangat ramai kami putuskan sehingga kami gunakan genset untuk traffic light. Kami  tidak punya pilihan lain lagi," ujar Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH didampingi Kanit Lantas Polsek Banguntapan itu Iptu Johan Rinto Damarjati SH, Senin (30/12/2019).

Menurut Suhadi keputusan memanfaatkan genset tersebut memang harus dilakukan, agar kendaraan di simpang empat Blok O tetap lancar. "Misalnya saat listrik padam selama 2 jam otomatis traffic light itu juga tidak berfungsi selama listrik padam. Oleh karena itu kami putuskan harus ada solusi, sampai ada perbaikan panel surya dari pemerintah," ujar Kapolsek Banguntapan. (Humas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:20

0 komentar:

CB