Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Hadiri Bimtek Pemulasaran Dan Pemakaman Jenazah Positif Covid-19

Posted by tribratanewsbantul on 10:17

Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pemulasaran dan pemakaman jenazah terpapar Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Satgas Covid-19 Desa Pendowoharjo bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Bantul di Dusun Ngaglik, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Jumat (26/9/2020) malam.


Menurut Bhabinkamtibmas Aiptu Heru Mulyana, kegiatan ini selain memberikan pemahaman kepada warga masyarakat, juga dijelaskan tata cara pemulasaran jenazah pasien terinfeksi Covid-19. Tahapan tahapan apa saja yang dilakukan oleh petugas, seperti menjalankan kewaspadaan standar ketika menangani pasien yang meninggal akibat penyakit menular, Alat Pelindung Diri (APD) lengkap harus digunakan petugas yang menangani jenazah jika pasien tersebut meninggal dalam masa penularan. Petugas harus memberi penjelasan kepada pihak keluarga tentang penanganan khusus bagi jenazah yang meninggal dengan penyakit menular, jenazah yang sudah dibungkus tidak boleh dibuka lagi dan jenazah hendaknya diantar oleh mobil jenazah khusus dan jenazah sebaiknya tidak lebih dari empat jam disemayamkan di pemulasaraan jenazah.


Dalam bimtek ini juga dijelaskan mengenai tata cara memakai dan melepas APD yang merupakan alat yang digunakan untuk melindungi pekerja dari luka atau penyakit yang diakibatkan oleh kontak dengan bahaya (hazard). Tujuannya untuk melindungi petugas dari penularan aktif Covid-19 pada saat melaksanakan tugas.


Ia juga berharap dengan bimtek ini warga Pendowoharjo dapat memahami tata cara penanganan jenazah yang terpapar dan betapa bahayanya Covid-19, serta resiko penularannya baik ke petugas maupun warga.


Hadir dalam bimtek tersebut di antaranya Pj. Lurah Pendowoharjo, Kasi Pemerintahan Desa Pendowoharjo, BPBD Kabupaten Bantul, Dukuh Ngaglik, Ketua RT 32 , FPRB SIAGA Pendowoharjo, Linmas Desa Pendowoharjo, Tokoh Masyarakat, Babinsa Pendowoharjo dan warga. (Humas Polsek Sewon) 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:17

0 komentar:

CB