Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kecamatan Kretek Th 2019

Posted by tribratanewsbantul on 10:34

Bertempat di halaman kantor Kecamatan Kretek Bantul telah berlangsung upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Kretek. Kamis, 02/05/2019 pukul 07.30 wib.

Bertindak sebagai inspektur upacara Camat Kretek Bapak Cahya Widada, S.Sos,MH, Perwira upacara kasi Kemas kecamatan Kretek Suroto SE, Komandan upacara Sugiyono guru SDN I Kretek, pengibar dan paduan suara siswa SMAN I kretek. Adapun Tema Hardiknas Tahun 2019 adalah " Menguatkan Pendidikan ,  Memajukan Kebudayaan".

Upacara tersebut dihadiri oleh mewakili Kapolsek Kretek Iptu Nurgiyanto, mewakili Danramil Kretek Peltu Yudiyanto, Sekcam Kecamatan Kretek H. Bambang G SH, Kepala Puskesmas dr Yuni Astuti, Kepala KUA Mustafid Amna S.Ag.

Sedangkan peserta upacara meliputi pleton Pamong Desa se Kecamatan Kretek, pleton Pegawai dan Karyawan Dinas Instansi, satu pleton gabungan POLRI dan satu kompi gabungan pelajar.

Camat Kretek  selaku inspektur upacara membacakan Amanat Mendikbud RI yang menyampaikan, hari ini Tuhan Yang Maha Esa  masih memberikan kepada kita untuk merayakan hari pendidikan nasional tahun 2019 , untuk itu marilah kita bersama-sama bermunajat memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia nya untuk kita dan seluruh rakyat Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.Tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soejaningrat seorang tokoh pendidikan Indonesia ,yang kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara.

Kita juga bersyukur bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak pemilihan umum serentak tanggal 17 April 2019, kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 Mei 2019. Dilihat dari sudut pandang pendidikan harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara, proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan.
Dalam hal ini semakin dewasa dalam demokrasi, perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita.

UU no 20 tahun 2003 tentang sustem pendidikan nasional pasal 13 menyebutkan " Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulai, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab  ".

Melalui momentum hari pendidikan nasional ini , marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif, tutupnya.

Selesai pelaksanaan upacara dalam kesempatannya panit lalu lintas Polsek Kretek Iptu Tujiyanto menyampaikan sosialisasi Kepolisian tentang "Operasi Keselamatan yang berlaku selama 14 hari dan dimulai sejak 29 April s/d 12 Mei 2019".

Selama kegiatan berlangsung berjalan aman dan lancar dengan pengamanan dari personil Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:34

0 komentar:

CB