Bupati Bantul Buka Musrembang Tingkat Kecamatan 2016

Posted by tribratanewsbantul on 00:53

Untuk menggali potensi dan kebutuhan riil masyarakat, Pemkab Bantul menggelar Musyawarah Perencanaan Pembanguanan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Musrenbang dibuka Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono di Kantor Kecamatan Srandakan pada Rabu (24/2/2016). Sebelumnya, musrenbang juga sudah dilakukan dari tingkat dusun hingga desa.

Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono dalam sambutan pembukaan mengatakan Pemilukada telah usai, pelantikan kepala daerah telah dilaksanakan, saatnya kita bekerja dengan segenap kemampuan bersama-sama. Saat ini sudah bukan waktunya lagi untuk membicarakan perbedaan pilihan pimpinan daerah, namun sekarang kita harus mulai membangun daerah secara bersama-sama.

Tujuan pembangunan dalam draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan menjadi acuan pelaksanaan pembangunan dalam kurun waktu lima tahun ini, telah menyepakati prioritas pembangunan sebagai berikut : Mempercepat terwujudnya reformasi birokrasi, Meningkatkan kualitas hidup melalui peningkatan derajat kesehatan, pendidikan dan perekonomian, Meningkatkan pemberdayaan masyarakat kurang mampu dan lainnya.

“Kami mengharapkan musrenbang merupakan forum dialog antar pemangku kepentingan untuk membahas program kegiatan prioritas pembangunan Kabupatan Bantul sesesuai dengan kunikan wilayah kecamatan setempat” jelas bupati.

Musrenbang kecamatan merupakan Bottom up planning untuk merumuskan dan menyelesaikan permasalahan riil yang dihadapi. Oleh karena itu semua stake holders, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya terlibat didalamnya.

Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bantul, Supriyanto melaporkan musrenbang akan digelar di 17 kecamatan dari 24 Februari hingga 2 Maret. Tiap hari akan dilaksanakan di empat kecamatan sampai selesai dan nantinya akan di bawa ke Musrenbang tingkat Kabupaten.

"Kegiatan ini untuk merencanakan ptogram lintas sektoral yang sinergis dan implementatif, sehingga bisa dirumuskan program SKPD yang bisa memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Pembukaan Musrenbang tingkat kecamatan dihadiri sekitar 350 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat tingkat desa dan kecamatan namun juga pimpinan SKPD. Semangat musyawarah dalam musrenbang menjadi ajang yang dialogis dan pasrtisipatif bertemunya masyarajat dengan para pemangku kepentingan.  (Sihumas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 00:53

0 komentar:

CB