Panen Raya dengan alat Canggih Di Bulak Polaman

Posted by tribratanewsbantul on 09:26

Selasa, 23 Februari 2016 mulai pukul 14.00 Wib bertempat di Bulak Polaman Argorejo Sedayu Bantul telah berlangsung panen raya padi varietas situbagendit yang diselenggarakan oleh Dispertahut Kab. Bantul dan Kodim 0729 Bantul dalam rangka percepatan tanam dengan alat mesin pertanian modern dan peningkatan produksi pangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Asek II Pemda DIY Ir Gatot Sapardi, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Dandim 0729 Bantul Letkol Inf Agus Widianto, Kepala Dispertahut Kab. Bantul Drs. Partogi Dame Pahpahan,BE, SE, M.Si, Kapolsek Sedayu, Muspika Kec. Sedayu, Anggota DPRD Bantul Widodo, A. Md, Lurah Argorejo Ngadimin. Adapun dalam kegiatan tersebut disampaikan sambutan-sambutan antara lain :

Kepala Dispertahut Bantul menyampaikan bahwa dalam rangka mengatasi tenaga kerja petani yang sudah mulai berkurang maka perlu adanya program pertanian modern. Menurutnya kedatangan sejumlah pejabat penting di lingkungan Pemkab Bantul dan Pemda DIY ini guna melihat secara langsung bagaimana sistem kerja alat modern pertanian. Sebanyak 100 hektare lahan di Kecamatan Sedayu untuk percontohan pertanian dengan alat modern, untuk saat ini yang akan dipanen seluas 23 hektare.

Perhitungan panen dengan cara manual dibandingkan dengan alat modern lebih efektif memakai alat modern. Misalnya lahan pertanian seluas 1 hektare dipanen dengan cara manual akan membutuhkan waktu beberapa hari, sedangkan dengan alat modern hanya membutuhkan waktu sekitar 8 jam.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menyampaikan bahwa jalur hijau merupakan program pertanian yang perlu dipertahankan dalam rangka terciptanya Bantul yang lebih baik dan maju.

Asek 2 Pemda DIY Ir Gatot Sapardi menyampaikan bahwa saat ini program pemerintah meningkatkan swasembada beras. Kurangnya SDM perlu memanfaatkan gerakan mekanisasi peralatan pendukung pertanian, jika alat ini dapat dimaksimalkan maka percepatan program ini akan berhasil sehingga DIY akan menjadi lumbung padi. (Sihumas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:26

0 komentar:

CB