Meriahkan HUT RI Ke 71, Warga Kepuh Sumbermulyo Gelar Wayang Kulit

Posted by tribratanewsbantul on 09:40

Sebagai bagian upaya melestarikan seni budaya, pedukuhan Kepuh Sumbermulyo Bambanglipuro menggelar pagelaran wayang kulit dalam acara memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 71, Sabtu, 20 Agustus 2016 pukul 09.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul Drs. Suharsono, Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Iptu Sugiono, Danramil Bambanglipuro Kapten Inf Sujana, Camat Bambanglipuro Drs Sambudi Riyanto, Lurah Sumbermulyo serta pamong Desa Sumbermulyo dan undangan sekitar 300 orang.

Pagelaran wayang kulit kali ini menghadirkan dalang Bambang Wiji Nugroho dari Pajangan Bantul dan mementaskan lakon “Ringgit Wasucal Kanti Carios Jumenengan Ngamarto”.

Bupati Bantul Drs Suharsono dalam sambutannya mengatakan, pagelaran wayang kulit merupakan salah satu metode Komsos kreatif dan silahturahmi antara Pemerintah Darerah dengan TNI, Polri dan masyarakat pada umumnya.

Menurutnya, pagelaran wayang kulit juga disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat. Diharapkan pagelaran wayang bukan sekedar menjadi tontonan namun juga harus bisa menjadi tuntunan.

Sebelum pentas dimulai Camat Bambanglipuro Drs Sambudi Riyanto menyerahkan tokoh wayang kepada dalang Bambang Wiji Nugroho secara simbolis.

Sementara itu, Kanit Binmas Iptu Sugiono mengatakan kehadiran polisi dalam setiap kegiatan masyarakat merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian pihak kepolisian. “Kehadiran petugas kepolisian di tengah-tengah masyarakat adalah sebagai upaya mencegah adanya gangguan Kamtibmas,” ujarnya.

Pertunjukan wayang berakhir hingga pukul 04.00 Wib dan berlangsung aman dengan pengamanan personel Polsek Bambanglipuro. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:40

0 komentar:

CB