Gelar Potensi Desa Budaya Srigading

Posted by tribratanewsbantul on 16:23

Hari ini Minggu, 28 Agustus 2016 mulai pukul 09.30 Wib di lapangan Desa Srigading, Sanden, Bantul telah berlangsung kegiatan Gelar Potensi Desa Budaya Srigading. Para tamu undangan yang datang disambut oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Sanden dengan membuat pagar betis yang di iringi grup drum band SMP Negeri 2 Sanden.

Acara dimulai dengan pentas seni dan aneka dolanan oleh putra putri desa Srigading, diantaranya pentas seni reog dari pemuda Srigading, gejog lesung serta sholawat dari ibu-ibu PKK Srigading.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Muspika Kecamatan Sanden, Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana, Lurah Desa Srigading beserta Pamong Desa Srigading, Dukuh se-Desa Srigading, tamu undangan, serta warga masyarakat yang menyaksikan Gelar Potensi Desa Budaya Srigading sekitar 500 orang lebih.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Desa Srigading Wahyu Widodo, SE mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul serta para tamu undangan. Lurah Desa Srigading menjelaskan tentang wilayah Desa Srigading secara keseluruhan meliputi aspek Sosial, Budaya, Geografis, Ekonomi, dan lain sebagainya, serta berbagai macam prestasi yang telah dicapai Desa Srigading baik tingkat Propinsi maupun tingkat Kabupaten.

Perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada panitia Gelar Budaya Desa Srigading serta warga sekitar sehingga kegiatan dapat terselenggara dengan lancar.

Atas nama Pemda Bantul, Disbud Bantul memberikan apresiasi kepada Srigading yang telah mampu menyelenggarakan kegiatan gelar budaya, walaupun Dinas Kebudayaan Bantul hanya memberikan dana stimulan namun kegiatan gelar budaya di Srigading dapat berjalan meriah.

Kami berharap agar kegiatan gelar budaya Desa Srigading dapat terus berjalan dan menjadi event tahunan sehingga dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Kabupaten Bantul.

Disbud berjanji akan memberikan bantuan dana maupun saran solusi dalam bidang kebudayaan di wilayah Kabupaten Bantul. Kepada seluruh warga agar tidak melupakan tradisi dan melestarikan tradisi baik itu dolanan tradisional maupun upacara adat sehingga dikemudian hari anak cucu masih dapat melihat kebudayaan asli daerahnya, harap perwakilan dari Disbud Bantul.

Kegiatan Gelar Budaya Desa Srigading diakhiri dengan pementasan adat antara lain pementasan tradisi kenduri, tedak siti, tradisi mitoni, wiwitan yang dilanjutkan dengan pentas seni jathilan serta reog.

Dalam kegiatan tersebut jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan dan giat berakhir pukul 14.00 Wib berjalan dengan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 16:23

0 komentar:

CB