Upacara Hari Lahir Pancasila Di Kecamatan Pleret

Posted by tribratanewsbantul on 09:37

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kecamatan Pleret dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Pleret, Sabtu (1/6/2019) pagi.

Hadir Kapolsek Pleret AKP Sumanto SH, Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S, Kepala KUA Pleret Bayu Dirgohandoyo S.Ag, Kepala Puskesmas Pleret dr. Erni Rochmawati dan Lurah Desa se Kecamatan Pleret. Untuk peserta upacara terdiri dari unsur ASN, Pamong Desa serta perwakilan pelajar.

Dalam amanat Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibacakan oleh Camat Pleret M. Alwi SH MH selaku Inspektur Upacara mengatakan, Pancasila sebagai pemersatu Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama dan ras, harus kita pertahankan sebagai satu-satunya dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa.

Pancasila yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah tiada tara dan terindah dari Allah Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui keberadaan keindonseiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Berkat nilai-nilai Pancasila, seperti menjunjung tinggi keberagaman, nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi berkah bagi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan "Bhinneka Tunggal Ika".

Sementara itu, pelaksanaan upacara dapat berjalan hidmat dan tertib dengan pengamanan dari Polsek Pleret. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:37

0 komentar:

CB