Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Halaman Kantor Kecamatan Kretek

Posted by tribratanewsbantul on 13:24

Bertempat dihalaman kantor Kecamatan Kretek dilaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945. Sabtu, 01/06/2019 pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH, dan dihadiri oleh Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak, Kepala puskesmas dr Yuni Astuti, Kepala KUA Mustafid Amna S.Ag, Lurah desa sekecamatan Kretek serta kepala instansi terkait.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari pleton TNI Polri, Pleton Kepala Sekolah SD, SMP, SLTA beserta guru, Pleton pamong desa dan pleton pelajar.

Camat Kretek sebagai Inspektur upacara membacakan sambutan PLT Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang diantaranya Berkat Pancasila  yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas,toleransi dan gotong royong keberagamanbyang ada menjadi suatu berkah.

Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah slogan " Bhinneka Tunggal Ika ".

Sesuai dengan pesan presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila merupakan suatu keniscayaan dengan mengenang dan merefleksikan momentum sejarah sebagai dasar negara.

Peringatan hari kelahiran pancasila bukan suatu yang terpisah dari momentum perumusan " Piagam Jakarta" oleh " Panitia Kecil " tanggal 22 juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

pancasila sebagai " Leitstars Dinamis" yang mengandung visi dan misi Negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan.

Untuk itu perlu kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, bekerja sama, gotong royong dalam menyelesaikan permasalahan.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila ini perlu dijadikan sebagai sumber insoirasi " Politik harapan " dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai,adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, Kita Indonesia,Kita Pancasila.

Selama berlangsungnya kegiatan berjalan lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:24

0 komentar:

CB