Rapat Koordinasi Lintas Sektor Puskesmas Kasihan 2

Posted by tribratanewsbantul on 06:33

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kasihan yaitu Bripka Budi Sunaryo, SH dan Brigadir Dwi Nur Wahono menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor Puskesmas Kasihan 2 di Aula Puskesmas Kasihan 2, dusun Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Kamis (05/12/2019) pukul 09.14 wib.

Hadir dalam kegiatan ini Plt. Camat Kasihan Drs. Danang Irwanto, M.Si., Kasi Kemas Kecamatan Kasihan  Medi Siswantara, S.Pd. M.Pd, Kepala KUA Kasihan Drs. Mukhibin, S.Ag., Kepala Puskesmas Kasihan 2 drg. Elmi Yudihapsari, MPH., dr. Triatmi Dyah Wahyuning, MSc., drg. Damiana Endah Prabawati, Babinsa, Pamong Desa, PKK dan PLKB sera undangan.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk Mengevaluasi program-program yang sudah terlaksana dan menjaring usulan kegiatan yang lain dilaksanakan dari berbagai lintas sector.

Acara dibuka oleh PJ Camat Kasihan Drs. Danang Irwanto, M.Si menekankan perlunya Puskesmas bekerjasama dalam penanggulangan permasalahan kesehatan dari ibu Hamil, Bayi, Balita, Remaja sampia lansia semua memerlukan perhatian bersama. semua jenjang usia ada permalasalahan kesehatan termasuk orang dengan gangguan jiwa.

Program penyakit DBD misalnya selama ini dilakukan PSN terpadu 2 Minggu sekali , akan lebih mantab apabila di tambah dengan  melakukan PSN mandiri 2x seminggu. Problem penyakit TBC harus bisa di temukan dan di tuntaskan dalam pengobatannya. Sampah harus mulai dipilah sejak di dalam rumah tangga minimal menyediakan 4 tempat diantaranya untuk sampah kertas, Organik, Plastik dan Cair sehingga sampah tidak menjijikkan dan bahkan bisa menghasilkan uang. Seperti misalnya bekerjasa dengan lembaga keuangan, tabungan sampah emas.

Kematian ibu hamil dan bayi harus bisa di tekan seoptimal mungkin melalui program-program KIA. Gaya hidup dengan prioritas materi dan gengsi meningkatkan kejadian stress sehingga banyak yang jiwanya terganggu hal ini harus dihindari. Jadilah orang yang biasa saja namun bahagia sehingga bisa masuk lansia dengan harapan usia yang tinggi namun lansia yang bersahaja dan bahagia.

Perlunya inovasi program  untuk menyelesaikan masalah-masalah kesehatan karena dengan inovasi akan diselesaikan dengan cara yang tidak biasa dan akan menghasilkan solusi yang benar benar akurat. Selanjutnya secara berturut-turut di sampaikan program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)  yang telah berjalan tahun 2019 oleh Kepala Puskesmas Kasihan 2 drg. Elmi Yudihapsari, MPH., Program Upaya Kesehatan Perorangan oleh dr. Triatmi Dyah Wahyuning, MSc dan Program PISPK oleh drg. damiana Endah Prabawati. Sekilas disampaikan  untuk meningkatkan kerjasama program Kesehatan Jiwa melalui TPKJM agar dampak sosial keluarga dengan ODGJ dapat ditangani secara bersama sama. Kegiatan terlaksana aman dan tertib. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 06:33

0 komentar:

CB