"Ingat Gigi 1"

Posted by tribratanewsbantul on 13:08

Kejadian kecelakaan lalu lintas jalan raya di wilayah Dlingo akhir-akhir ini cenderung meningkat. Mulusnya permukaan jalan di wilayah Dlingo terkadang sering membuat gatal kaki dan tangan pengemudi atau pengendara untuk ngebut memacu kendaraannya.

Di sisi lain, ruas jalan Mangunan-Dlingo yang memiliki karakteristik berkelok dan naik-turun menambah rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Ditambah masih kurangnya rambu tanda peringatan yang terpasang.

Hal inilah yang melatarbelakangi Polsek Dlingo bersama-sama warga, berinisiatif melakukan pemasangan tanda peringatan kepada para pengguna jalan agar menggunakan “Gigi 1” saat menanjak.

Bukan tanpa alasan, mengingat tanjakan-tanjakan disana dikenal sangat curam dan ditambah akses jalan yang sempit. Agar tidak terjadi hal yang diinginkan, makanya pengguna jalan diminta menggunakan gigi satu saat menanjak.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Dlingo AKP Amir Mahmud, Rabu, 29 Juni 2016, saat dihubungi melalui ponselnya. “Pemasangan rambu tanda peringatan tersebut juga terkait dengan Hari Raya Idul Fitri 1437 H dimana arus lalu lintas diprediksi bakal mengalami peningkatan yang sangat signifikan,” terangnya.

AKP Amir Mahmud juga menambahkan, kendati rambu tanda peringatan yang dipasang hanya apa adanya dan bersifat sementara, namun ia berharap manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga bisa meminimalisir terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Sebenarnya kami sudah berkoordinasi dengan instansi tekait yang berwenang memasang rambu tanda peringatan, namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut,” ujarnya.

AKP Amir Mahmud berharap, pemakai jalan atau pengendara senantiasa sadar agar menjaga keselamatan selama berkendara.

“Rambu dan marka sejatinya bukan sekadar aturan agar pemakai jalan raya tunduk para pemerintah atau sekadar karena takut pada aparat kepolisian. Marka dan rambu jalan sejatinya adalah tanda-tanda teknis yang menjadi peringatan penjaga keselamatan berkendara,” tutupnya. (Sihumas Polsek Dlingo)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:08

0 komentar:

CB