Pengajian Ramadhan Jajaran Instansi Sewon

Posted by tribratanewsbantul on 11:28

Jumat, 24 Juni 2016 bertempat di Gedung Pertemuan Manggolo Manis Komplek Balai Desa Pendowoharjo, telah berlangsung pengajian Bulan Ramadhan yang diikuti oleh jajaran pegawai instansi se Kecamatan Sewon.

Pengajian tersebut di hadiri oleh Camat Sewon Kweintarto Heru Prebowo, S.Sos, para Kanit dan Panit beserta staf Polsek Sewon, Kepala Puskesmas I dan II Sewon, Kepala UPT Kecamatan Sewon, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA se kecamatan Sewon serta Lurah, Pamong, Dukuh, se Kecamatan Sewon.

Pengajian diisi oleh Yulianto, S.Ag dari KUA Sewon. Dalam ceramahnya Ustadz Yulianto, S.Ag menyampaikan tasyfiatun nufus (penyucian jiwa), dimana menjadi sangat penting untuk pribadi-pribadi muslim saat ini, kita semua akan memiliki jawaban yang sama, karena manusia dibekali dengan hawa nafsu. Hanya saja, manusia berbeda-beda. Ada yang hawa nafsunya lebih menguasi dirinya, sehingga dia bergelimang dengan maksiat, namun dia tidak merasa bersalah. Ada yang hati nuraninya lebih mendominasi, sehingga dia menjadi hamba yang taat. dan ketaatan kepada Allah adalah sebuah kenikmatan.

Lalu bagaimana cara mengobati hati? ada 3 teori pokok untuk mengobati sesuatu yang sakit.  Pertama menjaga kekuatan mentalnya, dengan ilmu yang bermanfaat dan melakukan berbagai ketaatan. Hatinya harus dipaksa untuk mendengarkan nasehat dan ilmu yang bersumber dari Al-Quran dan sunah, serta fisiknya dipaksa untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Karena ilmu dan amal, merupakan nutrisi bagi hati manusia.  Kedua melindungi  dan harus menghindari segala yang bisa memperparah panyakit dalam hatinya, yaitu dengan menjauhi semua perbuatan dosa dan maksiat.

Ketiga, menghilangkan penyakit yang ada dalam dirinya dengan banyak bertaubat, beristighfar, memohon ampunan kepada Allah. Jika kesalahan itu harus ditutupi dengan membayar kaffarah maka dia siap membayarnya. Jika terkait dengan hak orang lain, diapun siap dengan meminta maaf kepadanya.

Selesai tausiyah di lanjutkan dengan pemberian santunan kepada 20 orang anak yatim piatu oleh Camat Sewon. (Sihumas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:28

0 komentar:

CB