Kapolsek Sanden Patroli Ke Obyek Wisata Dan Konservasi Penyu Mino Raharjo

Posted by tribratanewsbantul on 08:19

Kapolsek Sanden AKP Riwanta beserta Kanit, Kasi, dan anggota melaksanakan patroli di beberapa kawasan obyek wisata wilayah Sanden, Kamis 4 Juli 2016 pukul 10.00 Wib.

Beberapa tempat yang disambangi yaitu Laguna Pengklik, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, dan tempat konservasi penyu Mino Raharo yang beralamat di Susun Patihan, Gadingsari, Aanden, Bantul.

Di kawasan Pengkik, Kapolsek memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga yang saat itu sedang memancing ikan.

Menurut pantauan petugas patroli, ombak laut selatan saat ini agak besar. Masyarakat yang sedang berlibur ke pantai agar hati-hati jangan sampai bermain air di laut. Kepada Pokdarwis Goa Cemara Kapolsek Sanden berpesan, agar selalu menjaga keamanan para wisatawan, baik kendaraan, barang bawaan maupun keselamatan pengunjung dengan memberikan peringatan supaya tidak mandi di laut.

Team patroli melanjutkan sambang ke tempat konservasi penyu "MINO RAHARJO" Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul yang terletak di sebelah barat pantai Goa Cemara. Kedatangan petugas Polsek Sanden diterima langsung Ketua Konservasi Penyu Mino Raharjo Bpk. Bagyo.

Bagyo menjelaskan, masa penetasan telur penyu berkisar 50 hari. Prosentasi tingkat penetasan di konservasi ini mencapai 70-80 %. Anak-anak penyu yang sudah menetas akan dipelihara terlebih dahulu selama 10 hari, setelah itu akan dilepaskan ke habitat asalnya di laut bebas. Kami sengaja tidak terlalu lama memelihara anakan penyu. Hal ini kami maksudkan agar anakan penyu tidak ketergantungan dengan pemberian makanan sehingga nantinya bisa mencari makan sendiri setelah dilepas ke laut, jelas Bagyo.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden memberikan apresiasi kepada kelompok konservasi penyu Mino Raharjo yang telah peduli menjaga ekosistem khususnya melestarikan kehidupan populasi penyu. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:19

0 komentar:

CB