Festival Umbul Bantul Tahun 2017

Posted by tribratanewsbantul on 10:15

Sabtu, 01 juli  2017 pukul 14.00 wib di Kedung Pengilon dusun Petung Bangunjiwo Kasihan Bantul telah dilaksanakan Kirab /Festifal Umbul Bantul 2017  Pasukan Bregodo dalam rangka Merti Dusun.

Pasukan bregodo yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 7 Pasukan terdiri dari Satu Bregodo parajurit Bangunjiwo, Bregodo pamong Desa Bangunjiwo, Bregodo Kedung Pengilon diiringi Hadroh, Blangkon dan Jathilan Pedukuhan Petung, Bregodo Umbul Mur Gedhe dan wayang Uwong pedukuhan Lemahdadi, Bregodo Umbul Banyutemumpang pedukuhan Salakan, Bregodo Sendang Pangkah pedukuhan Kenalan diiringi mocopatan dan Hadroh, Bregodo Banyuripan pedukuhan Kenalan diiringi Thok-thokan dan Sholawatan, Bregodo Banyuripan pedukuhan Donotirto diiringi ogoh-ogoh, Bregodo Sendang Semanggi dan Langen mondro wanoro pedukuhan Sembunagn, Bregodo Dewi Jipang pedukuhan Jipangan dan Bregodo Gejog lesung dan gedrug pedukuran Sambikerep.

Hadir dalam kirab tersebut  anggota Dewan Komisi B DIY Danang Wahyu Broto, SE. M.Si., Kadin Pariwisata DIY Ir. Aris Riyanto, M.Si., dan Para Wakil Bupati Bantul, Muspika Kasihan, Lurah Desa Bangunjiwo, Pamong Desa dan Tamu undangan lainya serta pagelaran sendra tari sanggar “ALUR” Bangunjiwo dengan lakon “Banyu Perwitro Sari”. Sebagai Ketua Penyelenggara bapak dukuh Petung dan penanggung jawab Lurah Bangunjiwo Parjo, ST.M.Si.

Air dari tujuh umbul atau sendang tersebut yakni Sendang Kedung Pengilon, Sendang Pangkah, Sendang Banyutemumpang, Sendang Mur Gedhe, Sendang Banyuripan, Sendang Semanggi dan Sendang Banyuurip diarak yang kemudian dijadikan satu dalam wadah gentong.

Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunianya berupa sumber mata air sebagai sumber kehidupan manusia. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pariwisata DIY dalam rangka mengembangkan potensi wisata alam khususnya di Kedung Pengilon Pedukuhan Petung dan di Kabupaten Bantul pada umumnya.

Dalam prosesi merti umbul ini ditampilkan tari kolosal oleh Sanggar Tari ALUB Desa Bangunjiwo dengan mengambil cerita Banyu Perwitosari dan pada malam nanti akan digelar kesenian Kethoprak Mataram Sanggar Grahatama Desa Bangunjiwo.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pengamanan di penggal -penggal jalan oleh personil Polsek Kasihan terdiri dari anggota Lantas, Sabhara, Bhabin dan Staf dipimpin Kapolsek Kasihan Kompol Supardi selesai pukul 16.30 Wib dengan aman dan tertib. (Sihumas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:15

0 komentar:

CB