Bhabinkamtibmas Sendangsari Hadiri Syawalan 1438 H Dusun Kayen

Posted by tribratanewsbantul on 09:47

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri Syawalan Warga Dusun Kayen di Masjid Miftahul Janah RT 01 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu (1/7/2017) jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara ini DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi., Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Kasi Pelayanan Desa Sendangsari Sabari, Dukuh Kayen Rusmidi, Dukuh Panjangan Ngatimin, Pokgiat LPMD, Ketua RT dan Ibu PKK Dusun Kayen. Selain warga Dusun Kayen acara ini diikuti warga Dusun Kunden, Panjangan dan Dusun Jetis Desa Sendangsari sejumlah ± 250 orang.

Dukuh Kayen Rusmidi dalam kesempatan ini meyampaikan bahwa syawalan ini yang ke 9 dilaksanakan di Dusun Kayen. Dalam Syawalan ini saya atas nama keluarga dalam melayani masyarakat ada khilaf dan salah saya mohon maaf lahir dan bathin. Kami atas nama panitia menyampaikan terima kasih atas segala bantuan dari masyarakat untuk kegiatan ini.

Profil Dusun Kayen  warganya sebanyak 228 KK, 6 RT dengan jumlah warga ± 700 orang dan Kayen luas 2040 meter. Dusun Kayen masih memiliki anak usia sekolah SMP yang drop out. Kami mengharapkan kepada warga Kayen untuk tetap memberikan dorongan kepada anaknya untuk melanjutkan sekolah.

Majelis Syawalan berikutnya dilaksanakan di RT 03 dan 04. Bulan September akan diadakan Merti Dusun PKPB (Panjangan, Kayen, Beji Wetan dan Beji Kulon) dengan moto Produktif kreatif dan berbudaya. Pokdarwis Hargo Asri Dusun Kayen kami harapkan menggali potensi Pariwisata, Budaya juga memberdayakan bukit cinta (Bukit Petung).

Acara dilanjutkan dengan Dzikir tahlil dan doa dipimpin oleh Kaum Rois Jumaryono, Ikrar Syawalan Nur Hasanudin dan pentas kelompok Hadroh Roudhotul Husna dari Dusun Kayen.

Sementara Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T.  dalam sambutannya mengatakan menyambut baik acara ini. Tujuan kita berpuasa untuk menjadikan manusia bertaqwa, mampu menahan hawa nafsu dan dilanjutkan dengan syawalan ini untuk saling maaf memaafkan sesama umat Islam.

Atas nama Pemerintah Desa Sendangsari kami mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1438 H mohon maaf lahir dan bathin. Saya bangga setiap pedukuhan mengadakan acara halal bihalal Syawalan, acara seperti ini agar dipertahankan dan dilestarikan, pungkasnya.

Pengajian diisi oleh KH. Sajarotul Yaqin (Gus Jaroh) pengasuh Pondok Pesantren Ibnu Huda dari Sumberharjo Prambanan Sleman yang menyampaikan, Alloh SWT sayang kepada kita semua, kita harus pandai bersyukur kepada Alloh SWT dengan jalan bertaqwa kepada Nya.

Cara kita untuk mencapai bahagia dunia akherat, Jalankan Perintah Alloh SWT, rukun Islam termasuk didalamnya Sahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Haji. Minta ampunan kepada Alloh SWT selagi kita masih diberi umur panjang dan saling minta maaf sesama manusia seperti Syawalan ini yang merupakan perintah Nabi Muhammad SAW. Muliakan dan bahagiakan orang tua kita serta doakan jika orang tuanya telah meninggal dunia. Dengan Syawalan ini tingkat iman dan taqwa kita harus lebih baik dari hari kemarin agar menjadi manusia yang beruntung. Dan yang terakhir, jangan biasakan mengoreksi orang lain, instropeksilah diri kita sendiri apa kekurangnnya dan segera diperbaiki.

Syawalan menjadi media untuk melebur dosa manusia. Surga untuk orang yang tidak mempunyai dosa. Syawal Bulan fitrah (kesucian), Alloh SWT memberikan ampunan dosa terhadap orang yang meminta pengampunan. Segera meminta pengampunan terhadap Alloh SWT, umur manusia tidak ada yang tahu sampai kapan kita diberi hidup. Dengan diberi umur panjang berarti diberi kesempatan untuk memohon ampunan Alloh SWT dan salin minta maaf terhadap sesama. Acara ditutup dengan doa oleh KH. Sajarotul Yaqin (Gus Jaroh). (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:47

0 komentar:

CB