Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Hadiri Fact Finding Calon Pemuda Pelopor

Posted by tribratanewsbantul on 10:29

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka menghadiri acara Fact Finding Calon Pemuda Pelopor Tingkat Nasional tahun 2017 di Dusun Lemahdadi RT 03 Bangunjiwo Kasihan Bantul, Selasa (26/09/2017) pukul 15.00 WIB.

Arsa Rintoko S.Sn terpilih menjadi Calon Pemuda Pelopor Tingkat Nasional tahun 2017 Bidang Sosial Budaya dan Pariwisata dengan Judul Kerawitan yang dilaksanakan. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Camat Kasihan, Drs. Sambudi Riyanta menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Dinas Dikpora RI, Dikpora Provinsi DIY dan Dikpora Kabupaten Bantul serta tamu undangan lainya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Arsa Rintoko calon Pemuda Pelopor tingkat Nasional tahun 2017 tentang Seni dan Kebudayaan yang harus dipertahankan dan dilestarikan karena seni dan kebudayaan merupakan jati diri bangsa Indonesia khususnya budaya Jawa.

Beberapa seni dan budaya yang harus dilestarikan antara lain Jathilan, Karawitan, Wayang Wong dan Sholawatan serta  Paket Wisata Kerajinan KAJIGELEM ( Kasongan, Jipangan, Gendeng dan Lemahdadi). Upaya m,elestarikan seni dan budaya tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan Paguyupan  seperti paguyupan Kerawitan “Suko Laras’’, Wayang Wong ”Suko Budoyo” dan  Kerawitan “Remaja Putra Laras”.

Setelah pemaparan dari saudara Arsa Rintoko acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh Dinas Dikpora RI, bapak Sugiyanto dan Ibu Erta kepada calon pemuda pelopor tingkat Nasional, Arsa Rintoko.

Arsa Rintoko  menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik. Ia mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan atau melestarikan  seni dan budaya adalah dengan cara Regenerasi, Koordinasi dengan Pelaku Seni, Pemersa seni dan pemerintah.

Acara tersebut dihadiri Dinas Dikpora RI, Bapak Sugiyanto dan Ibu Erta,  Kasi Dikpora Provinsi DIY, Slamet Latanggang, Dinas Bidang Dikpora dari Kabupaten Bantul, Endro Priyono, Kasi Dikpora Kab Bantul Sudadi, Muspika Kasihan, Lurah Bangunjiwo, Bhabinkamtibmas dan tamu undangan lainnya dengan jumlah kurang lebih 70 orang. (Sihumas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:29

0 komentar:

CB