Karang Taruna Harus Berkonstribusi Bagi Masyarakat DIY

Posted by tribratanewsbantul on 14:12

Ratusan anggota Karang Taruna DIY memadati Bambu Hall Ingkung Kuali, Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul, Selasa (26/9/2017) malam menghadiri Sarasehan 'Gerakan Sosial untuk Pemberdayaan' Bulan Bakti Karang Taruna DIY memperingati Harlah ke-57.

Hadir dalam sarasehan, Ketua Karang Taruna  DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono, Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi, anggota DPRD DIY, Joko Purnomo, Kapolsek Pajangan AKP Suyanto SH serta tamu undangan lainnya.

GKR Condrokirono dalam sambutannya mengatakan, Bulan Bakti Karang Taruna merupakan momentum untuk memperingati hari lahir Karang Taruna yang jatuh pada tanggal 26 September. Tahun ini Karang Taruna menginjak usianya yang ke  57.

“Dalam usianya yang sudah setengah abad lebih ini, sudah selayaknya Karang Taruna menjadi organisasi yang mapan dalam berkonstribusi terhadap masyarakat khususnya di DIY,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebagai organisasi yang memprakarsai di tingkat pedusunan, maka Karang Taruna harus mampu menjadi pelopor bagi masyarakat dalam hal penyelesaian masalah sosial yang timbul di masyarakat.

“Setiap kader Karang Taruna harus mampu menggelorakan semangat gerakan Karang Taruna yaitu kerelawanan sosial, kemanusiaan dan kebhinekaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam seminar ini mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Karang Taruna DIY, Karang Taruna Kab. Bantul dan seluruh pengurus dan anggotanya yang terus melakukan kerja-kerja tanpa kenal lelah, aksi-aksi nyata untuk membangun DIY, Bangsa dan Negara Indonesia.

“Hari ini kita membicarakan gerakan sosial untuk pemberdayaan yang kita lakukan, saya mengamati akhir-akhir ini menyaksikan peningkatan kesadaran di generasi muda kita, sehingga ini sangat membaggakan kita semuanya ditengah rasa pesimisme kita tentang masa depan. Banyak kelompok pemuda yang bermunculan terutama Karang Taruna yang sangat aktif dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi pembangunan kita,” tambahnya.

"Saya senang, ada peningkatan kesadaran signifikan di lingkungan pemuda DIY di tengah pesimisme kami setelah muncul beberapa kelompok kepemudaan yang kurang bermanfaat," ujar Abdul Halim.

Tak ketinggalan, pujian juga ikut dilayangkan kepada Info Cegatan Jogja (ICJ) yang diwakilkan oleh beberapa anggotanya hadir dalam acara sarasehan.

"ICJ ini juga eksis dan sifatnya positif, mereka banyak memberi info kepada kami soal kondisi sosial Bantul," katanya.

Seperti informasi soal penyandang masalah sosial di wilayah Bantul, yang menurut Abdul Halim penting.

Diakhir acara dilakukan penggalangan dana untuk aksi sosial bedah rumah dan terkumpul ± Rp. 4,7 Juta sehingga dana yang terkumpul hingga saat ini ± Rp. 24,5 juta . Selanjutnya dilakukan pemberian cendera mata dari Kepala Dinas Sosial DIY kepada Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih dan dari Ketua Karang Taruna DIY GKR. Condro Kirono kepada Saptuari Sugiharto. Panitia dalam hal ini Karang Taruna Dipo Ratna Muda tetap membuka bantuan-bantuan penggalangan dana. Bedah rumah sendiri akan dilakukan Minggu (8/10/2017) jam 10.00 WIB di Dusun Kedung RT 03 Guwosari Pajangan Bantul.

Pengamanan kegiatan sarasehan dilakukan oleh Polsek Pajangan, Koramil 18/Pajangan, Linmas Guwosari dan Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari. Hingga selesainya acara sarasehan berakhir jam 23.05 WIB dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:12

0 komentar:

CB