Pagelaran Wayang Kulit Merti Dusun Mangir Wonoboyo

Posted by tribratanewsbantul on 02:00

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. bersama anggotanya menghadiri pagelaran Wayang Kulit di Mangir Kidul RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu (23/9/2017) jam 20.00 Wib.

Sebagai dalang adalah Ki Rusmadi dihadir DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi., Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Kanit Reskrim Polsek Pajangan Ipda Sumarman, Kanit Binmas Polsek Pajangan Aiptu Samija, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana, Koramil 18/Pajangan Peltu Yohanes A. Rasul., Dukuh Mangir Kidul Hendri Setiawan, Dukuh Mangir Tengah Sumardi, Ketua BPD Desa Sendangsari Bpk. Miskidjo, S.I.P, Ketua LPMD Desa Sendangsari Bpk. Dalijo, Tamu undangan, Toga dan tomas.

Dalam sambutanya Lurah Sendangsari mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat dan DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi. yang telah membantu terselenggaranya acara ini.

Rangkaian Merti Dusun Mangir wonoboyo sudah dilaksanakan sejak Kamis dengan kirab Budaya dan Jamasan Selo Gilang. Untuk Besok acara terakhir berupa jalan sehat dan Reog Gagak Remang, semoga rangkaian acara Merti Dusun Dusun Mangir Wonoboyo 2017 dapat lebih menyatukan warga masyarakat sehingga kita bisa lebih maju dan sejahtera”, pungkasnya.

Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si. dalam sambutannya mengapresiasi baik atas terselenggaranya kegiatan Merti Dusun Mangir Wonoboyo yang sudah dilaksanakan berjalan baik dan lancar atas sengkuyungb dari warga masyarakat Dusun 3 Mangir.”

Kegiatan kebudayaan melalui Dinas kebudayaan bersemangat di Kab. Bantul. Dengan adanya Dinas Budaya dapat melestarikam seni Budaya di Kab. Bantul. Generasi muda di Kec. Pajangan dan lebih khusus lagi di Desa Sendangsari dan Mangir, yang saat ini Desa Sendangsari masih rintisan Desa Budaya semoga ke depan bisa menjadi Desa Budaya.”

Kebudayaan ini kita maknai menjadi semangat untuk meningkatkan ekonomi kreatif terutama generasi muda dapat menciptakan ekonomi kreatif.

Lomba upacara adat di Kab. Bantul dengan mengangkat Jamasan Selo Gilang mendapat juara di Kab. Bantul. Tradisi-tradisi lain yang bisa dikemas menjadi paket Wisata dapat dikemas dengan baik untuk kita tawarkan kepada wisatawan. Pemakaian pakaian adat di hari-hari tertentu dan kuliner khas Mangir dapat ditawarkan menjadi paket Wisata tentunya. Ekonomi kreatif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mangir. Saya juga mengingatkan Bulan September ini adalah Bulan terakhir membayar pajak bumi dan bangunan.”

“Pajangan sudah membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). forum ini dapat menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi dan masukan dalam menjaga kamtibmas di Pajangan. Warga masyarakat Pajangan dapat memberikan informasi kepada FKDM. Semoga Merti Dusun Mangir Wonoboyo dapat memberikan berkah, rejeki dan manfaat untuk kita semua”, pungkasnya.

DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi. dalam sambutan menyampaikan, Jembatan Mangir sudah kita upayakan namun harus bersabar karena membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Pagelaran Wayang ini kami harapkan  ditonton dengan baik. Tuntunan yang ada di dalamnya diharapkan dapat memberikan manfaat untuk warga Mangir”, katanya.

Pagelaran wayang diawali dengan Penyerahan tokoh Wayang “Semar” oleh Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T. , DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi. Kepada Ki Dalang Rusmadi yang kemudian dilanjutkan foto bersama.Dalam pagelaran ini lakon yang dimainkan “Wahyu Sandang Pangan” dengan Bintang Tamu Rini Widiastuti dan Srundeng. Acara berlangsung dengan aman kondusif dengan pengamanan dari personil Polsek Pajangan. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:00

0 komentar:

CB