Cegah Penyebaran PMK, Polres Bantul Semprot Disinfektan di Pasar Hewan

Posted by tribratanewsbantul on 15:53

Polres Bantul bersama dinas instansi terkait terus melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu penyemprotan disinfektan di pasar hewan, Minggu (24/7/2022).

KBO Sat Samapta Polres Bantul, Iptu Riyadi yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan bahwa dalam rangka Operasi Aman Nusa II tentang penanganan PMK, Polres Bantul melaksanakan sejumlah kegiatan. Salah satunya dengan kegiatan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan Imogiri, Bantul yang dilakukan pada hari ini.

“Penyemprotan disinfektan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak,” terangnya.

Lebih lanjut, kegiatan ini merupakan kerjasama Polres Bantul dengan DKUKMPP Bantul, Dinas Pertanian Kabupaten Bantul dan BPBD Kabupaten Bantul serta Pengelola Pasar Hewan Imogiri.

“Kita lakukan penyemprotan dengan menggunakan kendaraan AWC Sat Samapta Polres Bantul, yakni pada saat pasar dalam keadaan kosong dan tidak ada aktivitas jual beli,” imbuhnya.

Sementara Lurah Pasar Hewan Imogiri, Turadi saat ditemui menuturkan, Pasar Hewan Imogiri sendiri setiap pasaran Legi (kalender Jawa) digunakan untuk aktivitas jual beli hewan ternak jenis sapi dan kambing, yang peredarannya bisa mencapai ratusan ekor sapi maupun kambing.

Namun setelah merebaknya PMK, aktivitas jual beli di Pasar Hewan Imogiri mengalami penurunan, karena penjual maupun pembeli ada kekhawatiran terdampak virus PMK. Sehingga mereka saat ini lebih memilih melakukan jual beli di kandang peternak.

Dengan upaya pencegahan penyebaran PMK yang dilakukan ini, pihaknya berharap hewan ternak dalam keadaan sehat dan bebas dari PMK, sehingga aktivitas di pasar hewan bisa kembali normal. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:53

0 komentar:

CB