Antisipasi PMK, Anggota Unit Binmas Polsek Piyungan Lakukan Pemantauan Hewan Ternak

Posted by tribratanewsbantul on 12:38

Anggota Unit Binmas Polsek Piyungan Aipda Retno Indarwati S.Psi melakukan pemantauan hewan ternak di kandang sapi milik Ibu Jumirah Dusun Rejosari Rt. 05 Srimartani Piyungan Bantul, Senin (25/7/2022).

Pengecekan di kandang sapi milik warga ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi yang dapat berdampak pada kematian terhadap ternak tersebut.

Kepada pemilik hewan ternak, Aipda Retno menghimbau bila ternak sapi yang mengalami tanda-tanda penyakit seperti air liur keluar berlebihan, lemas, kuku terluka dan lepas untuk segera melapor ke Puskewan atau ke Mapolsek.

Lebih lanjut untuk pencegahannya, Aipda Retno menghimbau kepada peternak agar selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, menyemprotkan disinfektan dan melakukan dekontaminasi dengan mencuci kandang, peralatan, kendaraan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK.

Dari pengecekan yang dilakukan  dikandang milik lbu Jumirah secara umum didapati kondisi kesehatan sapi bebas dari penyakit mulut dan kaki. (Humas Polsek Piyungan)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:38

0 komentar:

CB