Pengamanan Penutupan Bantul Bantul Creative Expo 2022 Di Pasar Seni Gabusan

Posted by tribratanewsbantul on 11:22

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto, SH menghadiri acara Penutupan Bantul Creative Expo 2022  di Pasar Seni Gabusan (PSG) Jl. Parangtritis Km. 9,5 desa Timbulharjo, Sewon, Bantul. Pameran produk unggulan dan potensi daerah Bantul Creative Expo 2022 resmi ditutup oleh Setda Kab Bantul Drs. Helmi Jamaris, MM. Senin (25 Juli 2020) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Letkol Inf. Arif Hermad, SIP (Dandim Bantul), Suwandi, S.H,M.Hum (Kepala Kejaksaan Negeri Bantul), Kompol Sancoko P. S, S.I.K., S.H.,M.H (Waka Polres Bantul), Drs. Helmi Jamaris, MM (Setda Kab. Bantul), Agus Sulistiyana, MM (Kepala DKUKMPP Kab. Bantul), Ir. Subiyanta Hadi, MM (Kepala Dinas perdagangan Kab. Bantul), Panewu Se-Kab. Bantul, Kompol Suyanto, S.H (Kapolsek Sewon), Kepala BUMN dan BUMD Se-Kab. Bantul, Undangan +- 100 orang.

Seremonial persembahan Tari kreatif dari sanggar budaya Kabupaten Bantul, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya menandai berakhirnya penyelenggaraan Bantul Creative Expo 2022. Event tahunan yang berlangsung dari tanggal 21 Juli 2022 sampai dengan 25 Juli 2022 ini mampu menyedot perhatian masyarakat Bantul dan sekitarnya. Kemasan tata kelola pameran yang apik, fasilitas dan aneka doorprize yang disediakan hampir seluruh Organisasi Perangkat Daerah menjadi daya tarik tersendiri.

Menurut ketua penyelenggara Drs. Agus Sulistiyana, MM (Kepala Dinas Koperasi UKM Kab Bantul) dalam laporannya menyebutkan, pelaksanaan Bantul Creative Expo 2022  dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. Peserta bantul kreatif expo 2022 diikuti 87 STAN yang dikelola oleh pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi UKM perindustrian dan perdagangan, 5 perbankan, 7 asosiasi UMKM, 41 UMKM, dan 3 stand swasta.

“Berdasarkan data yang diperoleh selama event Bantul Creative Expo 2022  dapat Kami laporkan bahwa dalam 5 hari kegiatan ini terselenggara telah dikunjungi sebanyak 121.522 orang yang berasal dari kabupaten Bantul dan sekitarnya maupun pariwisata dengan pengunjung sebanyak itu transaksi penjualan secara langsung tercatat Rp 912.761.000,- (Sembilan ratus dua belas juta tujuh ratus enam puluh satu ribu Rupiah) dan transaksi freorder Rp 68.805.000,- (enam puluh delapan juta delapan ratus lima ribu rupiah),” papar Drs. Agus Sulistiyana, MM.

Bantul Creative Expo 2022  yang diselenggarakan ini bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Bantul ke 191 ini harus menjadi momentum kebangkitan kita bersama untuk segera keluar dari pandemi covid-19 kebangkitan ekonomi pariwisata budaya yang dapat mengembangkan UMKM menjadi salah satu pendukung dalam mewujudkan Bantul city of crafts folk art di tahun 2023.

Dipenghujung event Bantul Creative Expo 2022  ini disampaikan pengumuman pemenang stand dan penyerahan Hadiah Lomba Kirab bergodo dalam rangka hari jadi Kabupaten Bantul ke 191, pemberian dorprize kepada pengunjung terpilih Bantul Creative Expo 2022.

Sementara sambutan Drs Helmi Jamaris MM (Setda Kab. Bantul ) dan sekaligus menutup rangkaian kegiatan Bantul Creative Expo 2022 dalam kata sambutannya , atas nama Pemkab Bantul menghaturkan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak, yang telah memberikan kontribusinya atas kesuksesan penyelenggaraan event Bantul Creative Expo 2022 dan terima kasih kepada warga masyarakat yang telah berkunjung sekaligus turut menyemarakkan berlangsungnya Bantul Ekspo, kehadiran dan kunjungan seluruh masyarakat bagi kami memandang sebagai salah satu wujud dukungan terhadap pembangunan di Kabupaten Bantul, disisi lain keberadaan Bantul Ekspo tentunya sebagai media hiburan bagi masyarakat serta wahana edukasi dan media untuk mengetahui hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksakan Pemkab Bantul selama ini.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif dan menjadi pemantik aktivitas perekonomian di Kabupaten Bantul terlebih Pemerintah Kabupaten Bantul saat ini tengah gencar mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi produk lokal UMKM dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat, Bantul Creative Expo tahun 2022 dan wisata Gabusan ini merupakan sarana promosi dan perluasan pasar serta pembelajaran bagi pelaku UMKM hal ini tentunya sangat mendukung dapat masuk ke dalam jejaring kota kreatif UNESCO,” ucap Drs. Helmi Jamaris, MM.

Bantul Creative Expo tahun 2022 tentunya juga telah banyak memberikan kesan positif serta mampu memberikan inspirasi disejumlah pihak untuk turut memberdayakan dan mengembangkan potensi produk-produk UMKM yang ada di Bantul, bagi pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam ajang ini tentu akan dapat merasakan manfaat yang besar, yakni sebagai sarana memperluas jangkaun pemasaran maupun promosi produk unggulan, dengan demikaian para pelaku UMKM di Kabupaten Bantul akan mampu bersaing dengan pasar yang lebih luas, terang Setda Kab. Bantul.

Setda Kab. Bantul menambahkan saat ini iklim kompetisi semakin ketat untuk itu, dalam pasar produk UMKM perlu disikapi dengan peningkatan intensitas perkenalan produk unggulan melalui berbagai jenis media promosi di harapkan kedepan Kabupaten Bantul dapat meningkatkan pasarnya melalui pasar digital yang salah satunya telah dirintis oleh Pemkab Bantul melalui Bantul online shop sehingga produk-produknya dapat dikenal dan dijual sehingga dapat mewujudkan kabupaten Bantul Creative Expo 2022 Road To City Of Crafts and Folk Art.

Acara selesai dan ditutup dengan do'a penutup, selama kegiatan tersebut berlangsung situasi terdapat aman dan terkendali dengan pengamanan dari personil Polsek Sewon dibantu instansi terkait. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:22

0 komentar:

CB