Polsek Banguntapan Amankan Malam Tahun Baru 1444 H

Posted by tribratanewsbantul on 11:13

Guna antisipasi kerawanan gangguan kamtibmas tradisi tahunan perayaan pergantian tahun baru hijriyah, Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH Jumat tanggal 29 Juli 2022 pukul 18.30 WIB siagakan personelnya baik piket fungsi maupun gabungan staf untuk melakukan pengamanan.

Apel siaga diawali dengan pengecekan absensi kehadiran anggota oleh Kanit Provost Polsek Banguntapan Ipda Sudaryanto. Lalu penyampaian pembagian ploting anggota dilapanngan prioritas 4 titik yaitu Makam Panembahan Senopati Jagalan Banguntapan, S4 Blok O, S4 Ketandan, S4 Karantturi. Kemudian dilanjutkan oleh Kapolsek.

Dalam arahannya Kapolsek menyampaikan pengamanan pergantian tahun baru hijriyah 1 Muharam 1444 H jalur utama ringroad dari simpang Blok O - Simpang karangturi yang rawan kemacetan, serta antisipasi masyarakat yang perjalanan dari luar wilayah. Setiap titik lokasi dikendali padal dan laporkan perkembangan berjenjang. Agar anggota yang terploting selalu waspada pantau perkembangan situasi sekitar serta himbauan prokes.

Selanjutnya beberapa lokasi yang menjadi tradisi "lek-lek an" dalam menyambut datangnya tahun baru hijriyah diantaranya komplek masjid gede Jagalan dan makam raja-raja mataram. Untuk di masjid dilaksanakan pengajian yang diikuti warga masyarakat sekitar dalam menyambut tahun baru Hijriyah dengan pembicara KH Sigit Yulianto ST., MSi.

Selanjutnya melesttikan budaya leluhur di area komplek makam Panembahan Senopati diawali kirab pusaka oleh abdi dalem menuju makam panembahan senopati kemudian berdoa bersama dipimpin tokoh agama diikuti abdi dalem dan warga masyarakat yang berkunjung.

Momen pergantian tahun baru kita tingkatkan kewaspadaan karena tidak hanya warga masyarakat yang merayakan namun juga kewaspadaan mencegah tindak kriminalitas seperti tawuran maupun aksi brutal kejahatan jalanan.

Kapolsek Banguntapan Pimpin langsung pengamanan malam tahun baru Hijriyah 1444 H, dan wilayah aman kondusif tidak ada gangguan kamtibmas. Giat masyarakat terpantau aman dan tertib, tidak ada kerumunan warga yang berlebihan.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:13

0 komentar:

CB