Gladi Seni Teater Selarong Tanah Istimewa Oleh Karang Taruna Dipo Ratna Muda

Posted by tribratanewsbantul on 08:46

Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari melakukan gladi bersih drama teater perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah dalam rangka peringatan Grebeg Selarong di Balai Desa Guwosari Pajangan Bantul, Selasa (11/7/2017) jam 20.00 Wib.

Seperti perayaan Grebeg Selarong sebelumnya, tahun ini juga akan diadakan gelar budaya dan pentas seni selama tiga hari. Dimulai tanggal 13 Juli dan diakhiri hari Minggu pagi (16/7) dengan acara puncak festival 17 Bregodo, yang akan menempuh rute ± 3 Km. Star dari Balai Desa Guwosari dan finis di Obyek wisata Goa Slarong.

Selain menjadi panitia, tahun ini Karang Taruna Dipo Ratna Muda juga akan berpartisipasi dalam acara pentas seni. Anak-anak Dipo Ratna akan mempersembahkan pementasan drama teater sekaligus sebagai lounching Grup Teater.

Dalam pementasan perdana nantinya, mereka akan mengangkat kisah pangeran Diponegoro dengan judul “Selarong Tanah Istimewa”. Sejarah kepahlawanan Diponegoro dipilih karena, selain menginspirasi, ingin mengangkat kembali nilai-nilai perjuangan Diponegoro. Dari cerita yang diangkat, akan dikisahkan kenapa dan mengapa Selarong dipilih sebagai tempat persembunyian Diponegoro.

Setelah satu setengah bulan berlatih, malam ini latihan telah memasuki gladi bersih hari pertama. Adapun pementasannya akan dilaksanakan pada Jumat (14/72017), Jam 19.00 Wib.

"Sekalipun belum benar-benar sempurna, latihan malam ini cukup memberi gambaran tentang bloking kepada semua pemain. Selain juga memadukan antara adegan, penari, dan musik." Kata Ihwan, Sang Sutradara teater yang ditemui di Balai Desa Guwosari di sela-sela latihan.

Masih menurut Ihwan, pementasan teater kali ini memang banyak adegan tari. Konsep yang diusung adalah sendra tari teater.

Sementara menurut Emi, ketua Teater Dipo Ratna, seluruh pemainnya adalah anggota Karang Taruna Dipo Ratna. Semua pemain tersaring dari seleksi yang dilakukan beberapa bulan yang lalu.

"Diharapkan, dengan dibentuknya Theater Dipo Ratna ini, akan bisa menampung kreativitas anggota Dipo Ratna Muda. Selain tentunya menjadi tempat saling bertukar pengalaman dan pengetahuan sesama pencinta seni muda-mudi Guwosari." Lanjut Emi.

"Besar harapan kami apabila nantinya masyarakat bisa menikmati dan mengapresiasi pementasan perdana ini. Semoga saja semuanya berjalan lancar nantinya." Jawab Emi saat ditanya apa harapan dalam pementasan nanti.

"Selain untuk menghibur masyarakat, pada September nanti, Teater Dipo Ratna juga akan mengikuti festival teater se-Kabupaten Bantul. Besar harapan, keikutsertaan ini akan mendapat dukungan penuh dari masyarakat Guwosari. Dan tentunya bisa meraih juara." Lanjut Emi menutup pembicaraan.

Gladi Bersih teater Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari berakhir jam 23.00 Wib dan dilanjutkan dengan membuat dekorasi di Obyek Wisata Goa Selarong tempat diselenggarakannya teater nantinya. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:46

0 komentar:

CB