Pagelaran Wayang Kulit Merti Dusun Kayen Sendangsari 2017

Posted by tribratanewsbantul on 12:42

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Polsek Pajangan Aiptu Tetepana menghadiri pagelaran Wayang Kulit dalam rangka merti Dusun Kayen dengan tema "Gumregah, Manunggal Ing Cipto Miwah Karso" di rumah Dukuh Kayen Rusmidi Dusun Kayen Sendangsari Pajangan Bantul, Jumat (27/10/2017).

Acara dihadiri DPRD DIY Joko Purnomo SE MM, DPRD Kab. Bantul Eko Sutrisno Aji, DPRD Kab. Bantul H.Sapto Saroso S.psi,Dinas kebudayaan Kab. Bantul Drs.Riswanto, Lurah desa Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Dukuh Kayen Rusmidi, Pamong, Dukuh, Babinsa Koramil Pajangan Serma Sugiono, Ketua RT, Pokdarwis, toga, tomas dan warga masyarakat Kayen sejumlah ± 300 orang.

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T. ikut senang dengan kegiatan Merti dusun di Desa Sendangsari  sebagai upaya masyarakat Sendangsari dalam melestarikan seni Budaya khususnya pewayangan. Dengan hadirnya bapak Drs. Riswanto dari Dinas Kebudayaan semoga dapat menjembatani agar Desa Sendangsari yang masih Rintisan Desa Budaya untuk menjadi Desa Budaya sehingga dapat membantu penyerapan dana Keistimewaan.

Merti dusun dapat membangun gotong-royong antar warga masyarakat. Semoga ke depan dapat membangun obyek Wisata yang ada didusun Kayen berupa Bukit Cinta dan terkoneksi denganSendang Ngembel. Potensi–potensi di Dusun untuk dimaksimalkan dan dimanfaatkan, Obyek Wisataperlu ciri khas makanan, rumah makan Ingkung dan gudeg manggar yang sangat berpotensi bisa diangkat oleh masyarakat Kayen, Beji Wetan maupun masyarakat Sendangsari, termasuk juga penginapan dengan menggandeng Ibu-Ibu PKK.

Sedangkan Drs.Riswanto dari Dinas Kebudayaan Kab. Bantul juga memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Dusun  Kayen karena telah ikut melestarikan budaya dengan pementasan wayang kulit. Semoga dengan pementasan Wayang Kulit dapat menumbuhkan rasa kegotongroyongan dan minat kepada generasi muda untuk melestarikan seni pewayangan sehingga dapat terus lestari dan tidak punah, katanya.

Pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Ki Sri Kawan S.Sn, dengan Lakon Puntodewo Syukur dan diiringi kelompok Karawitan dari ISI Yogyakarta. Bintang tamu dalam pagelaran wayang kali ini Jeng Rini Widyastuti dan Srundeng. Acara berlangsung aman dan lancar hingga selesai. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:42

0 komentar:

CB