Pengamanan Pengukuhan Ketua OSIS SMP Se Kabupaten Bantul Oleh Bupati Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 16:08

Sebanyak 88 Ketua OSIS SMP/MTs negeri dan suasta se Kabupaten Bantul dikukuhkan Bupati Bantul yang diwakili Asisten Pemerintahan Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, MSi bertempat di Pendopo Parasamya, Sabtu (28/10/2017).

Selain Ketua Osis SMP/MTs beserta guru pendampingnya, hadir pula pada acara tersebut diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kaupaten Bantul Drs. Didik Warsito, MSi, Kepala Kantor Kesbanglinmas Drs Heru Siswantoro, MM, Komisioner KPU Bantul, Ketua KPU DIY dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya Kaid SMP pada Dinas Pora Kabupaten Bantul Mudiyono, SIP. Menyampaikan bahwa pemilihan Osis Sekolah ini berlangsung atas kerja sama antara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kaupaten Bantul dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Bantul. Jumlah ketua Osis Yang dikukuhkan ada 88 orang siswa.

Diantara tujuan diadakanya Pemilos adalah memberikan pelajaran tentang demokrasi kepada siswa SMP/MTs, mengenaian pemilihan pemimpin yang demokratis dalam organisasi, melatih mendidik dan memberikan pemahaman dasar kepada siswa tentang organisasi.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bantul Muhammad Johan Komara dalam sambutannya diantaranya menyampaikan dilaksanakan pemilihan ketua Osis di Kabupaten Bantul ini adalah merupakan suatu pembelajaran secara dini tentang demokrasi dalam berorganisasi di sekolah.

Walaupun mereka belum mempunyai hak pilih di even pemilihan kepala daerah maupun pemilihan umum beberapa tahun lagi, tambah Johan, namun mereka sudah mempunyai bekal cara berdemokrasi, sehingga suatu saat ketika sudah mempunyai hak pilih akan dapat menggunkan haknya secara lebih bijaksana.

KPU Kabupaten Bantul pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2015 lalu di Bantul mencapai 75 persen warga menggunakan hak pilihnya dari yang ditargetkan sebesar 77,5 persen. Maka untuk bisa mencapai target dalam Pilkada maupun Pemilu yang akan datang, KPU melakukan pelatihan lewat Pemilos seperti yang telah dilaksanakan oleh SMA san SMP kali ini di Kabupaten Bantul ini.

Kegiatan pemilos secara serentak di Kabupaten Bantul ini merupakan yang pertama di Kabupaten Bantul, juga di DIY, pertama pula di Indonesia. Kegiatan pemilos di Bantul sudah diawali di tahun 2015.

Pada kesempatan tersebut pembinaan Osis oleh Bupati disampaikan oleh Pak Helmi Jamharis hingga berakhir dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan personil dari Polsek Bantul. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 16:08

0 komentar:

CB