Kapolsek Pleret Hadiri Pencanangan Kampung KB di Depok Wonolelo

Posted by tribratanewsbantul on 10:10

Kapolsek Pleret AKP Riwanta menghadiri acara pencanangan Kampung KB tahun 2019 dan launching Kampung KB Hijau oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono di dusun Depok, Wonolelo, Pleret, Bantul. Rabu (30/10/2019) pagi.

Pada acara tersebut dilakukan penandatangan prasasti oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, yang juga dihadiri perwakilan dari BKKBN DIY, jajaran Forkompinda Bantul, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Kepala Dinas DPPKBPMD, Camat Pleret, para Lurah Desa dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporan Kepala Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul Dra. Sri Nuryanti M.Si menyampaikan, Kementrian Desa sebagai kementrian yang berwenang dalam memajukan pembangunan Indonesia dari desa-desa merupakan program andalan Presiden Jokowi.

Maka dari itu, bagaimana kita memanfaatkan suatu desa yang merupakan wilayah pinggir dari suatu daerah kabupaten untuk membangun wilayah dan masyarakatnya agar maju.

Lebih lanjut disampaikan bahwa program KB tidak hanya sekedar perencanaan memiliki keturunan  dengan dua anak cukup, tetapi tentunya lebih dari itu, program KB harus kita maknai lebih luas yakni untuk merencanakan tumbuh kembang anak mulai dari sejak dalam kandungan hingga usia dewasa.  Untuk itu dalam program Kampung KB ini perlu inovasi-inovasi agar program ini dapat terlaksana lebih sukses dan lebih mensejahterakan masyarakatnya.

Ia juga menyebutkan, di Kabupaten Bantul hingga saat ini sudah ada sebanyak 38 Kampung KB, ditambah 9 yang terbentuk pada kesempatan ini diantaranya Desa Wonolelo, Baturetno, Singosaren, Wirokerten, Jambidan, Tamanan, Tirtosari, Tamantirto, dan Srihardono.

Untuk itu, pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi  yang tinggi atas keberadaan aksi pencanangan Kampung KB. Kegiatan ini adalah melaksanakan  gerakan dari program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan dan lingkungan lainnya.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono mengatakan, bahwa kita harus menggalakan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program KB kepada masyarakat serta pelayanan KB di tingkat desa agar lebih ditingkatkan lagi.

Semoga pencanangan Kampung KB ini menjadi momentum untuk menggaungkan lebih kencang pentingnya melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan keluarga.

Disampaikan Kampung KB adalah sebuah instrumen untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan. Untuk itu harapannya momen ini bisa menjadi pemicu banyak pihak untuk melakukan intervensi program secara totalitas di Kampung KB.

Program Kampung KB ini, kata Bupati Bantul, juga harus menjadi program semua dinas yang terlibat dan menjadi kepentingan bersama.

Karena itu, Bupati Bantul memberikan apresiasi yang tinggi pula kepada semua petugas lapangan KB yang luar biasa, juga kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, anggota TNI/Polri yang selama ini telah bekerjasama agar program KB dan program pemberdayaan masyarakat di desa-desa di Wilayah Kabupaten Bantul dapat berjalan dengan baik.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Bantul berpesan kepada para Camat dan Lurah Desa agar berperan aktif dan bertanggungjawab menjadikan Kampung KB  sebagai wahana untuk pembinaan setiap keluarga di wilayahnya masing-masing, sehingga dengan komitmen itu, sedikit demi sedikit ketahanan keluarga akan terbangun. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:10

0 komentar:

CB