Kapolres Bantul Ikuti Pelepasan 200 Ekor Tukik Penyu di Pantai Pelangi

Posted by tribratanewsbantul on 09:54

 

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari, S.Psi menghadiri kegiatan Festival Penyu dengan tema "Lestarikan Penyu Selamatkan Pantai" di Pantai Pelangi Dusun Grogol IX Parangtritis Kretek Bantul, Minggu (17/07/2022) jam 12.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Ir. Bayu Mukti Sasongka, M.Si., Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta GKR Mangkubumi, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, SH., MM., CHRMP, Kapolres Bantul AKBP Ihsan, S.I.K., Panewu Kretek Cahya Widada, S.Sos, MH, Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari, S.Psi, Ketua Asosiasi Pramuka New Caledonia Michael,  Siswa pramuka pecinta penyu dan peserta festival Penyu.

Bertempat di Pantai Pelangi Dusun Grogol IX Parangtritis Kretek Bantul telah dilaksanakan kegiatan Festival Penyu dengan tema "Lestarikan Penyu selamatkan Pantai" oleh Dinas kelautan dan Perikanan DIY dalam rangka melestarikan penyu dan menjaga habitat penyu.

Acara dibuka dengan Penyampaian Laporan Penyelenggara Festival penyu oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Ir. Bayu Mukti Sasongka, M.Si. yang menyampaikan pada intinya bahwa kegiatan festival penyu ini merupakan kampanye untuk pelestarian penyu. Dimana di dunia terdapat 7 spesies penyu, dan di Indonesia dari 7 jenis ditemukan 6 jenis dan yang 4 jenis ditemukan di perairan selatan DIY. Bahwa panjang garis pantai di DIY adalah 135,24 km terdapat 9 titik habitat peneluran penyu yang tersebar di wilayah gunung kidul, Bantul dan Kulonprogo. Gerakan pramuka merupakan pendidikan non formal untuk menanamkan budi pekerti sebagai generasi penerus bangsa. Tema kegiatan Pramuka Istimewa Lestarikan Penyu Selamatkan Pesisir dikandung maksud dapat meningkatkan nilai-nilai cinta tanah air melalui pelestarian penyu.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelepasan 200 ekor tukik secara simbolis Tukik Penyu ke Laut dengan tujuan untuk menjaga kelestarian alam sebagai lingkungan hidup penyu agar tidak punah. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:54

0 komentar:

CB