Evaluasi Peningkatan Produksi Padi Kelompok Tani Ngudi Makmur Kayuhan Kulon

Posted by tribratanewsbantul on 10:42

Tim penilai dan evaluasi Dinas Pertanian Kabupaten Bantul melakukan evaluasi peningkatan produksi  padi Kelompok Tani Ngudi Makmur Dusun Kayuhan Kulon, Desa Triwidadi, Pajangan, Selasa, 31 Mei 2016.

Hadir dalam acara ini Ir. Marjoko Kasi Padi Dinas Pertanian Kab. Bantul, Tugimin S.Pt dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksanaan Penyuluhan Kab. Bantul, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto, Camat Pajangan yang diwakili oleh Petrus Suhartono, SP dari Balai Penyuluhan Pertanian dan Perikanan Kecamatan Pajangan, Danramil Pajangan Kapten Suryadi, Lurah Triwidai Slamet Riyanto, Penyuluh Pertanian Ibu Zeni Puji Astuti, SP, Babinsa Koramil Pajangan Serma Kasimin, Bpk. Sudadi Kepala Dukuh Kayuan Kulon dan Ketua Kelompok Tani Bpk. Noto Suwarno, peserta kegiatan sebanyak 70 orang.

Dalam sambutannya Lurah Triwidai Slamet Riyanto mengatakan luas lahan pertanian di Kayuhan Kulon Triwidadi adalah ± 223 Ha dan ± 20 Ha. Triwidadi mempunyai 2.750 KK dan apabila diakumulasi per KK 1Kg/hari di rata-rata sudah 2,7 Ton sehingga perlu peningkatan produk hasil pertanian khususnya padi. Slamet menambahkan, untuk meningkatkan produktifitas padinya, petani Ngudi Makmur sudah terbiasa melakukan Tanam Jajar Legowo (Tajarwo).

Sementara itu, sambutan dari ketua tim penilai dan evaluasi, Tugimin S.Pt mengatakan bersyukur karena hasil produksi padi di Desa Triwidadi tiap tahunnya meningkat.

Tugimin menambahkan, Tujuan evaluasi ini adalah peningkatan swadaya kelompok, peningkatan kualitas kelompok, penerapan teknologi pertanian yang dianjurkan. Aspek yang dinilai oleh tim penilai dalam lomba ini adalah aksi dan kekompakan dari para petani, administrasi kelompok dan hasil pertanian.

Kelompok Tani Ngudi Makmur berdiri pada tanggal 20 Februari 2013 dengan jumlah anggotanya sebanyak 173 orang. Yang menjadi harapan kelompok ini dalam waktu dekat adalah segera berbadan hukum agar dapat menerima bantuan dari Pemerintah. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:42

0 komentar:

CB