Polisi Sendiri Tidak Akan Mampu, Perlu Peran Serta Masyarakat Berantas Pekat

Posted by tribratanewsbantul on 11:38

Masalah penyakit masyarakat seperti prostitusi, perjudian, miras dan narkoba saat ini menjadi momok dalam kehidupan masyarakat, sebab trendnya makin meningkat dari waktu ke waktu.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Kretek Kompol Supardi saat memberikan arahan dalam acara sosialisasi pencegahan penyakit masyarakat di Balai Desa Tirtosari, Kretek, Bantul, Selasa, 31 Mei 2016.

Acara sosialisasi ini dihadiri juga oleh Danramil Kretek, Pamong Desa Tirtosari, Dukuh, Karang Taruna, BPD, tokoh agama, dan masyarakat serta ibu-ibu PKK.

Lebih lanjut Kompol Supardi mengatakan penyakit masyarakat ini identik dengan generasi muda yang merupakan generasi penerus yang akan menggantikan kita semua, tentunya kita tidak mau generasi muda kita mentalnya dirusak oleh prostitusi, perjudian, miras dan narkoba.

Kompol Supardi sangat merasa prihatin dengan kondisi Komplek Cepuri yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk membuka bisnis prostitusi. “Dulunya Cepuri itu wisata religi, namun dalam perkembangannya, sekarang banyak PSK yang mangkal di sana, dan lebih mirisnya lagi  kebanyakan PSK tersebut berasal dari luar daerah,” ujarnya.

Mantan Kasat Intelkam Polres Bantul itu kahwatir, apabila keberadaan para PSK tersebut berpotensi dapat menularkan berbagai macam penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS dan sifilis. Untuk itu, ia berharap agar masyarakat menjauhinya.

Selain membahas prostitusi, Kompol Supardi juga berbicara mengenai miras. Ia tidak ingin miras beredar di wilayah Kretek, terlebih lagi miras jenis oplosan. Selain  dapat menimbulkan jatuhnya korban jiwa sia-sia, biasanya tindakan kriminal banyak yang diawali dengan menenggak miras terlebih dahulu.

“Pastinya, bila polisi sendiri yang memberantas penyakit masyarakat tidak akan pernah mampu tanpa adanya dukungan dan peran serta dari masyarakat,” katanya.

Untuk itu dirinya berharap, ada kerjasama dari berbagai pihak dan seluruh elemen terkait untuk bersinergi memberantas penyakit masyarakat terutama dalam upaya pencegahan secara dini. Menurutnya, tindakan Kepolisian merupakan upaya terakhir yang dilakukan, untuk itu Polsek Kretek akan lebih mengedepankan upaya prefentif.

“Jadilah Polisi untuk diri-sendiri maupun lingkungan. Laporkan ke Bhabinkamtibmas atau langsung ke Polsek apabila terjadi sesuatu kami akan segera tindak lanjuti,” tegasnya. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:38

0 komentar:

CB