Pagelaran Wayang Di Dusun Manukan Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 10:29

Bhabinkamtibmas Desa Sendagsari Aiptu Tetepana menghadiri acara Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Merti Dusun Tri Manunggal yaitu dusun Manukan, Kunden dan dusun Jaten bertempat di dusun Manukan RT 01 Sendangsari Pajangan Bantul, Senin, 25 Juli 2016 jam 20.00 Wib.

Sebagai dalang adalah Ki Cermo Hadi Sutoyo mengambil lakon "Sri Sedono Nitis" dengan Sinden Ibu Tutik, Ibu Lestari dan Ibu Marinem diiringi Karawitan Kridho Laras.

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada 3 Dukuh yaitu Manukan, Kunden dan Jaten yang telah melaksanakan merti Dusun ini. Saat ini Desa Sendangsari masih menjadi Desa rintisan budaya. Oleh karena itu Kesenian dan budaya harus terus dipupuk dimasing masing pedukuhan untuk mendukung Desa Sendangsari menjadi Desa budaya.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya menyampaikan apreasi kekompakan dusun Tri Manunggal sehingga dapat menyelenggarakan kegiatan ini serta mengharap semangat guyub rukun dan gotong royong di Dusun Tri Manunggal agar terus dipertahankan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Dalam kesempatan ini Camat Pajangan secara simbolis menyerahkan tokoh wayang Dewi Sri kepada Ki Dalang sebagai tanda dimulainya pagelaran Wayang Kulit.

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Sudirman Alvian, SE dari Partai Nas, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Kepala Dukuh Manukan Bpk. Basiyo, Kepala Dukuh Kunden Bpk. Giyono, Kepala Dukuh Jaten Bpk. Jewal, Bpk. Sudiono Dinas Pariwisata Kab. Bantul, Pendamping Desa Budaya Sendangsari Sdr. Ari Tri Cahyono dan Sdri. Ika Puspitasari, BPD, LPMD, Pamong Desa, Dukuh se Desa Sendangsari, Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga masyarakat Dusun Tri Manunggal Desa Sendangsari sejumlah ±  400 orang.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pjangan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:29

0 komentar:

CB