Cegah Kenakalan Remaja, Kapolsek Pandak Ajak Para Orangtua Selalu Awasi Pergaulan Anaknya

Posted by tribratanewsbantul on 08:13

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud menyampaikan pesan pesan kamtibmas dalam acara pertemuan rutin anggota KKPA (Komite Kesejahteraan dan Perlindingan Anak) se desa Gilangharjo, Pandak Bantul, Sabtu (30/9/2017).

Acara pertemuan rutin anggota KKPA dilaksanakan di rumah bapak Nurulhuda dusun Jomboran Gilangharjo Pandak Bantul diikuti kurang lebih 50 anggota KKPA se desa Gilanghajo.

Dalam arahanya Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud meyampaikan bahwa peran orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap tumbuh kembang anaknya yang sekarang ini sudah menginjak remaja, dimana rawan terhadap salah pergaulan sehingga terjerumus kearah perilaku negatif bahkan mengarah ke tindak pidana.

Disamping itu pihak sekolah, lingkungan masyarakat dan instansi-instansi terkait serta aparat keamanan juga punya tanggung jawab bersama-sama dalam rangka mengawasi dan mengarahkan tumbuh kembang anak agar tidak mengarah pada perilaku yang menyimpang.

Kenakalan remaja maupun tindak pidana yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur seperti bolos sekolah, menggunakan kendaraan bermotor yang tidak tertib dan taat aturan, merokok, corat-coret bangunan (vandalisme), tawuran, pencurian, maupun kekerasan dan lainnya hingga saat ini masih terjadi.

Hal ini tentunya kita sangat prihatin atas perilaku mereka yang demikian dan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjadikan mereka yang masih di bawah umur ke jalan yang baik.

Menurut penelitian penyebab kenakalan remaja antara lain adanya keluarga broken home, salah pergaulan dilingkungan masyarakat maupun sekolah, kurangnya pengawasan orang tua dan bahkan ada anggapan kalau anak di bawah umur melakukan tindak pidana itu tidak bisa dihukum, ini yang keliru karena anak dibawah umur tetap dapat dilaksanakan proses hukum sesuai dengan aturannya.

Oleh karena itu, mari bersama-sama mencegah dengan memberikan pendidikan agama sebagai pondasi bagi anak, memberikan dan menyalurkan pada kegiatan-kegiatan yang positif sehingga tidak sempat berpikir untuk melakukan tindakan yang negatif, perlu adanya pengawasan dari orang tua, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Jangan memberi kesempatan mereka melakukan perilaku menyimpang, mulai dari hal-hal yang dianggap kecil seperti bolos, merokok, minuman keras, ikut  geng Sekolah, tidak tertib dan taat aturan Sekolah lainnya. Perhatikan perubahan perilaku pada anak-anak kita supaya kita dapat mengantisipasinya.

Diakhir arahannya Kapolsek Pandak mengajak, “mari bersama-sama mulai dari keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan Sekolah, untuk mendidik dan mengarahkan anak-anak dengan baik sehingga dapat menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan dapat diandalkan”, ajaknya. (Sihumas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:13

0 komentar:

CB