Bhabinkamtibmas Polsek Sanden menghadiri pertemuan Penguatan Pelayanan KB dan Penguatan Program Kampung KB

Posted by tribratanewsbantul on 09:22

Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kesehatan UPT Puskesmas Sanden mengadakan pertemuan Penguatan Pelayanan KB dan Penguatan Program Kampung KB dengan jajaran instansi terkait se-Kecamatan Sanden di Aula Puskesmas, Senin (25/03/2019) pukul 09.00 WIB.

Pertemuan dihadiri DPPKBPMD Kabupaten Bantul, Kepala Pukesmas Sanden drg Suyatmi MM, Kasi Kemas Kecamatan Sanden Tumijan, Bhabinkamtibmas Polsek Sanden, Babinsa, Pamong Desa, Kader PKK, pengurus Kampung KB Dusun Wonoroto dan Dusun Karanganyar.

Kampung KB merupakan Satuan wilayah setingkat RW, Dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis.Tujuan dari Kampung KB adalah memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan lebih baik. Program ini merupakan salah satu inovasi strategis dengan menjadi model miniatur pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), kesehatan, pendidikan, sosial serta ekonomi.

Kepala Puskesmas Sanden drg Suyatmi MM berharap target pelayanan KB di Puskesmas dapat tercapai. Indikator target dan capaian pelayanan KB Kespro Tahun 2018 dari indikator PUS menjadi peserta KB aktif baru tercapai 78% dari target 80%. Guna mencapai target yang ditentukan, Kepala Puskesmas Sanden minta dukungan instansi lintas sektoral yang outputnya agar derajat kesehatan ibu meningkat.

Tuti Nuryani STr.Keb dalam paparannya menyampaikan upaya Kegiatan Program KB Kespro Tahun 2018, diantaranya pelayanan rutin KB setiap hari kerja untuk Non MKJP dan hari selasa untuk MKJP dan VIA, KB pasca persalinan dengan IUD post plasenta, terlibat pada kegiatan kampung KB. Masalah yang dihadapi tahun 2018 salah satunya adalah capaian PUS melakukan skreening kanker serviks dengan IVA masih rendah. Upaya penyelesaian masalah yang dilakukan melalui peningkatan kualitas pelayanan (fasilitas, SDM dalam dan luar gedung), penggunaan teknologi tepat guna dan melalui gerakan Germas dan PISPK.

Sementara itu, perwakilan DPPKBPMD dalam paparannya menyampaikan tentang program kampung KB wilatah Bantul. Saat ini di Kabupaten Bantul sudah terbentuk 38 Kampung KB, untuk Kecamatan Sanden sudah terbentuk 2 kampung KB yaitu Dusun Wonoroto, Gadingsari dan Dusun Karanganyar, Gadingharjo. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:22

0 komentar:

CB