Pengamanan Pentas Wayang Cakruk Di Dusun Carikan Mulyodadi

Posted by tribratanewsbantul on 09:34

Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Iptu Jaka Saputra menghadiri acara  penyuluhan dari Dinas Sosial Propinsi DIY tentang mengatasi kemiskinan, narkoba dan permasalahan sosial lainya dengan media wayang Cakruk di halaman rumah Bapak Supar alamat Dusun Carikan Rt 03 Mulyodadi, Bambanglipuro Bantul, Sabtu (30/3/2019) malam.

Adapun dalang wayang cakruk adalah Ki Sumarno S.Sn dari Kasihan Bantul  dihadiri oleh Perwakilan Dinas Sosial Propinsi DIY Bapak Budi Santoso, Bhabinkamtibmas Mulyodadi Aipda Sukaryadi, Lurah Desa Mulyodadi Ari Sapta Nugraha SH, pamong Desa Mulyodadi, Kepala Dukuh Carikan Sigit Maruto, Toga, Thomas, dan ratusan penonton.

Sambutan Baik Budi Santoso dari Dinas Sosial Provinsi DIY menyampaikan bahwa wayang cakruk merupakan pementasan dengan wayang berwujud gambaran manusia masa kini. Cerita yang disampaikan berupa penuturan perjalanan hidup manusia. Dari kisah masyarakat yang terpinggirkan hingga seputar elite-elite kekuasaan.

Lebih lanjut Bapak Budi Santoso ingin pagelaran wayang cakruk dapat dinikmati dan bisa menjadi tuntunan bagi masyarakat yang sadar dan peduli dengan persoalan sosial. “Kami banyak melakukan sosialisasi masalah sosial menggunakan media wayang cakruk ketimbang melalui dunia maya atau media sosial (medsos),” terang Budi Santoso.

Dikatakan, menangani masalah sosial di DIY, pihaknya secara khusus memberikan penyuluhan ke masyarakat. Selama ini penyuluhan dilakukan melalui berbagai media. Mulai media cetak, elektronik hingga media seni. “Wayang cakruk bagian dari bentuk sosialisasi melalui media seni,” tuturnya.

Kegiatan ini terbukti efektif karena dalam setiap pelaksanaannya masyarakat disemua kalangan bisa berkumpul dan menerima penyuluhan dengan senang hati karena didalamnya terdapat fariasi hiburan.

Acara pentas Wayang Cakruk malam ini  mendapatkan sambutan hangat masyarakat. Ada sejumlah pesan moral disampaikan dalang Ki Sumarno .” Dadi wong kuwi aja mung tukang njaluk nagging piye carane dadi wong kuwi isa mapakke diri pribadine (Jadi orang itu jangan menjadi tukang peminta minta, tapi jadilah orang yang bisa mengerti dengan kondisimu.
Acara berakhir pada pukul 23.00 wib berlangsung aman dan lancar. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:34

0 komentar:

CB