Peringati Hari Air se-Dunia, Bupati Bantul Ajak Masyarakat Kelola Air dengan Baik

Posted by tribratanewsbantul on 15:57

Peringatan Hari Air Sedunia Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2019 berlangsung di Balai Desa Srihardono. Kamis (28/3). Kegiatan ini diselenggerakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Bantul dan Kodim 0729/Bantul yang menggambil tema internasional "Leaving No One Behind".

Menurut laporan penyelenggara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bantul Ari Budi Nugroho, ST, M.Sc. kegiatan ini bertujuan sebagai upaya penyadaran untuk pengelolaan air yang berkelanjutan, sebagai upaya penyadaran untuk pentingnya konservasi air, sebagai upaya untuk mempromosikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga sumber air bagi kehidupan serta sebagai upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi dalam penyediaan air bagi kehidupan.

Dalam sambutanya Bupati Bantul menyampaikan, konsep pembangunan berwawasan lingkungan menjadi hal mutlak yang harus diakomodir dalam perencanaan pembangunan. Pembangunan berwawasan lingkungan akan membawa kesejahteraan bagi umat manusia karena mampu menciptakan keseimbangan di dua sisi, yakni keberlanjutan pembangunan dan terjaganya kelestarian alam dan lingkungan hidup.

"Ini adalah hari untuk membuat komitmen bersama untuk dapat memenuhi kebutuhan air bagi seluruh masyarakat di dunia. Sesuai dengan temanya, maka semua orang berhak mendapatkan air bersih, jangan sampai ada yang tertinggal," kata Bupati.

Bupati Bantul menambahkan bahwa, Peringatan Hari Air se-Dunia ini hendaknya membangkitkan kesadaran kita agar senantiasa menyadari arti pentingnya menjaga dan melestarikan sumber air yang ada. Selain itu, melalui peringatan ini juga dimaksudkan untuk menegaskan kembali bahwa pemecahan masalah terkait air tidak dapat diselesaikan hanya melalui pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, seperti program pembangunan bendungan, irigasi, instalasi pengelolaan air limbah, sistem penyediaan air minum (SPAM) dan sebagainya.

"Kepada seluruh masyarakat Bantul, marilah kita bekerja sama dan melakukan karya nyata agar bumi ini bersih dan hijau sehingga lingkungan lestari dan ketersediaan bair selalu terjamin," ajak Bupati Bantul. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:57

0 komentar:

CB