Kapolda DIY Hadiri Giat Rapat Senat Terbuka Dan Milad UMY Ke 38

Posted by tribratanewsbantul on 09:40

Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si menghadiri giat rapat senat terbuka dan milad UMY ke 38 di Kampus UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Kamis (28/03/2019). pengamanan kegiatan adalah dari anggota Polsek Kasihan dipimpin oleh Kapolsek Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH.

Pidato milad oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Turki, Dr Lalu Muhammad Iqbal. Dalam pidatonya menyoroti terkait sikap kebijakan luar negeri dari Indonesia.

Iqbal menuturkan kehadirannya di UMY bisa dibagi dalam dua dimensi. Pertama, sebagai praktisi hubungan internasional dan yang kedua sebagai alumni UMY. Sebagai praktisi hubungan internasional, Iqbal mengungkapkan beberapa pandangannya seperti soal DNA kebijakan luar negeri (DNA of Foreign Policy).

“Kebijakan luar negeri Indonesia sudah dikontemplasikan dengan sangat baik oleh para pendiri bangsa, tercermin pada apa yang disebut Mohammad Hatta sebagai Berlayar di antara Dua Karang,” jelas Iqbal.

Hal ini bisa diartikan, sebutnya, kebijakan luar negeri Indonesia tak boleh terkooptasi dalam satu kekuatan tertentu. Indonesia tak memiliki kepentingan mendorong kekuatan tunggal di dunia. Kepentingan Indonesia adalah mendorong munculnya kekuatan-kekuatan global yang saling mengimbangi, karena disitulah Indonesia bisa bermain dengan maksimal.

“Di tengah lautan kekuatan global itu, Indonesia tak boleh menepi ke satu karang. Indonesia harus tetap berlayar di antara karang-karang,” ujarnya.

Sebagai dimensi alumni, Iqbal antara lain memaparkan, Tri Dharma Perguruan tinggi berisi pengajaran, penelitian dan pengabdian. Kredo perguruan tinggi di Indonesia ini sesungguhnya sudah dikerjakan dengan sangat otentik oleh pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan. Misalnya, dengan tekun memberi pengajaran tentang Islam yang benar dan membumi. Selain itu juga menegakkan ajaran agama dengan basis riset sebagaimana bisa disimak dari upanya mencari arah kiblat yang presisi dari masjid dan surau yang dibangun.

“Dalam soal pengabdian, beliau adalah contoh hidup dari tokoh yang mengabdikan hampir seluruh hidupnya untuk komitmen keummatan,” urai Iqbal.

Sementara itu Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP dalam laporan pidato miladnya antara lain menyatakan dalam menerapkan visi dan misinya, UMY terus berkembang untuk dapat menjawab kebutuhan serta persoalan yang ada di masyarakat. Dalam bidang akademik misalnya, telah mengembangkan sistem pembelajaran secara e-learning. Lalu untuk meningkatkan produksi ilmu pengetahuan, telah mengalokasikan dana internal untuk hibah penelitian.

“Semoga dengan berbagai capaian yang ada dapat mendorong bagi seluruh civitas akademika UMY untuk semakin menggelorakan semangatnya dalam berkontribusi pada ilmu pengetahuan dan masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik,” tuturnya. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:40

0 komentar:

CB